Kodim Aceh Jaya Sumbang 81 Kantong Darah

Aceh Jaya – Kodim 0114/Aceh Jaya melaksanakan kegiatan donor darah di Makodim setempat Desa Bahagia, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Selasa (7/4/2020).

Pada pelaksanaannya Kodim bekerja sama dengan Unit Donor Darah ( UDD) PMI Kota Banda Aceh dan PMI Aceh Jaya.

Amatan di lokasi kegiatan donor darah ini turut dihadiri oleh Dandim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat, Kapolres Aceh Jaya AKBP Harlanย  Amir, anggota TNI – Polri, PNS hingga masyarakat sekitar.

Total sebanyak 81 kantong darah terkumpul dalam kegiatan donor ini.

Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan darah pada PMI Kota Banda Aceh selama Pademi Covid -19.

” Kita ingin membantu memenuhi kebutuhan darah pada PMI Kota Banda Aceh. Selama pademi Covid –ย  19 ini PMI Kota Banda Aceh sangat membutuhkan tambahan persediaan darah,”ย  kata Dandim.

Dandim pada kesempatan ini juga mengajak masyarakat agarย  di masa yang akan datang turut serta menyumbangkan darahnya dan tidak perlu takut.

” Kami sangat berharapย  kepada masyarakat ke depan jangan takut untuk mendonorkan darahnya, selain untuk kesehatan diri sendiri juga untuk membantu orang lain,” pesan Dandim.

Sementara itu kepala UDD PMI Kota Banda Aceh, dr Ratna Sari Deri mengakui selama Pademi Covid – 19 persediaan darah berkurang dari biasanya akibat adanya himbauan kepada masyarakat untuk tetap dirumah dalam rangka mencegah penularan virus corona namun dibalik itu banyak pasien di rumah sakit yang masih membutuhkan darah setiap saat khusunya penyakit tertentu.

” Dalam situasi saat ini unit donor darah di Banda Aceh bahkan seluruh Indonesia mengalami hal yang sama yaitu stok yang menurun, sementara banyak pasien dirumah sakit yang membutuhkan darah. Kepada masyarakat jangan takut mendonorkan darahnya karena kita mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan,” ujar dr Ratna.