Dandim 0104/Atim Pimpin Langsung Donor Darah

Langsa – Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) memimpin personel jajaran melaksanakan kegiatan donor darah, yang bertempat di Aula Serbaguna Makodim, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Selasa (07/04/2020).

Kegiatan di hari kedua ini melibatkan sekitar 100 personel Kodim 0104/Atim dari Koramil jajaran.

Kegiatan sosial ini dilakukan guna mengantisipasi stok darah PMI Kabupaten Aceh Timur menipis di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19).

“Saat ini, ketersediaan darah di PMI sangat kurang akibat masyarakat mengalami kekhawatiran mendonorkan darah di tengah pandemi Covid-19. Juga karena himbauan untuk jaga jarak dan diam di rumah, sehingga jarang yang mendonorkan darah ke PMI, ”jelas Dandim kepada awak media saat melaksanakan donor.

Dandim menyebutkan darah yang terkumpul pada hari ini ada 70 kantong itu akan disumbangkan pada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Aceh Timur.

“Dengan donor darah, kita bisa meringankan beban pasien yang berobat ke Rumah Sakit di wilayah Kabupaten Aceh Timur, ”pungkas Dandim.

Sementara itu, Kepala UTD RSU Zubir Mahmud dr Leli, Sp PK selaku penanggung jawab dilapangan mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0104/Atim atas partisipasinya dalam menyumbangkan darah.

Senada dengan apa yang disampaikan Dandim, Leli mengatakan stok darah saat ini memang berkurang akibat mewabahnya Virus Corona karena di berlakukan social distancing sehingga masyarakat membatasi diri untuk keluar rumah dan permasalahan seperti ini juga dialami Kabupaten Aceh Timur.

“Kedepannya kami berharap partisipasi masyarakat dan instansi lainnya untuk ikut menyumbangkan darahnya sehingga ketersediaan darah di Kabupaten Aceh Timur dapat tetap terpenuhi”, “harapnya.