Minimalisir Korban Jiwa, TNI Sosialisasikan Penanggulangan Bencana Alam

Oleh

Aceh Jaya - Kodim 0114/Aceh Jaya bekerja sama dengan BPBK Aceh Jaya melakukan sosialisasi penanggulangan bencana alam kepada masyarakat di Desa Panggong Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Rabu (8/4/2020).

Pada kegiatan ini BPBK Aceh Jaya menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dan sejumlah petugas.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBK Aceh Jaya Ismail turut hadir dalam acara ini.

Ismail dalam sambutannya mengatakan semua harus selalu siap siaga apabila sewaktu - waktu terjadi bencana baik kebakaran, tanah longsor maupun banjir sehingga dapat meminimalisir korban jiwa maupun kerugian lain.

" Apabila terjadi bencana diharapkan masyarakat dapat melaksanakan penanggulangan sendiri dengan peralatan seadanya sampai tim dari BPBK maupun pemadam kebakaran datang mengatasinya. Terkadang jarak yang jauh dan akses komunikasi yang sulit membutuhkan waktu bagi BPBK untuk sampai ke lokasi bencana," ujar Ismail.

BPBK dalam kesempatan ini turut menjelaskan  dan menunjukkan sistem kerja tim pemadam kembakaran.

Sementara itu secara terpisah Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat mengatakan sosialisasi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan TMMD ke 107  Kodim 0114/Aceh Jaya yang berlangsung di desa tersebut selama satu bulan.

Dandim berharap dengan adanya sosialisasi ini masyarakat dapat berpartisipasi dalam penanggulangan bencana alam.

" Harapannya dengan adanya sosialisasi ini kita semua akan siap apabila sewaktu - waktu terjadi bencana alam baik kebakaran, banjir maupun longsor. Kita semua harus berpartisipasi agar tidak menimbulkan korban dan kerugian yang lebih besar," kata Dandim.

Komentar

Loading...