Jelang Idul Fitri, Kodim 0107/Asel Gelar Apel Siaga Guna Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Kepada Masyarakat Aceh Selatan

ACEH SELATAN – Dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri 1441 H, Prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan melaksanakan kegiatan Apel siaga yang di pimpin oleh Perwira Seksi Personil (Pasipers) Lettu Inf Priya Utama, bertempat di lapangan apel Makodim Jln. T. Cut Ali Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Sabtu (23/05/2020).

Pada kesempatan Apel Siaga menyambut hari raya Idul Fitri  tersebut, Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan kolonel Inf R Sulistiya Herlambang HB melalui Pasipers mengatakan, dalam perayaan lebaran tahun ini ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk itu, dalam upaya mendukung Pemerintah Daerah dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif, perlunya dilakukan kesiapsiagaan prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan khususnya, sehingga masyarakat Aceh Selatan merayakan dan melaksanakan lebaran Idul Fitri merasa aman dan nyaman dengan tetap menajalankan protokol Kesehatan.

“Apel siaga sambut lebaran idul fitri ini dalam rangka membantu pemerintah daerah terkait untuk pengamanan lebaran dan sudah menjadi kegiatan rutinitas TNI dalam setiap tahunnya” ucap Pasipers

Lebih lanjut, Lettu Inf Priya Utama mengatakan, kegiatan tersebut juga merupakan arahan dari Panglima TNI agar seluruh personil TNI melaksanakan kegiatan siaga pengamanan dalam rangka hari raya Idul Fitri serta mengantipasi kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti tindakan kriminal dalam pelaksanaan lebaran.

Dikatakannya lagi, hari raya Idul Fitri merupakan moment penting yang dilakukan oleh masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga besar, termasuk yang berada diperantauan akan berupaya kembali kedaerahnya untuk merayakan hari kemenangan tersebut bersama keluarga dan kerabat.

Akan tetapi, perayaan idul fitri tahun 2020 ini dimana warga yang berada diperantaun dihimbau untuk tunda melakukan mudik sampai hilangnya Covid-19. Hal tersebut guna mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid-19.

“Dalam hal inilah prajurit Kodim 0107/Asel kita siagakan untuk membackup dinas terkait dalam membantu pelaksanaan pemantauan dipintu masuk kabupaten aceh selatan” ungkapnya

Lebih lanjut, Pasipers menuturkan, pelaksanaan apel siaga itu selain dilakukan pengecekan terhadap prajurit, juga dilakukan pengecekan terhadap kesiapan operasional Kenderaan Dinas (Randis) yang sewaktu-waktu dapat digunakan pada pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan bencana alam termasuk penanganan dan pencehahan Covid-19 di wilayah Kabupaten Aceh Selatan.