Acara Pembukaan TMMD Reg 108 Kodim 0116/Nagan Raya dilaksanakan secara sederhana

Nagan Raya – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg 108 Kodim 0116/Nagan Raya TA 2020 di Desa Tuwi Buya dan Kuta Trieng Kecamatan Darul Makmur resmi dibuka. Apabila umumnya pembukaan TMMD dari Bupati kepada Dansatgas dilakukan dalam sebuah Upacara, kali ini diselenggarakan secara sederhana di Ruang Lantai 3 Sekdakab Nagan Raya, ย Selasa (30/6/20).

Acara tersebut dihadiri Bupati Nagan Raya H.M Jamin Idham, Ketua DPRK Joniadi beserta Forkopimda Nagan Raya, Sekretaris Daerah TR Johari, SKPK Nagan Raya, serta undangan lainnya.

Pembukaan dilaksanakan secara simbolis dengan penandatanganan dan penyerahan berita acara. penyerahan Alokasi dana APBK swakelola Nagan Raya untuk TMMD Reguler 108 Kodim 0116/Nagan Raya diserahkan langsung oleh Bupati Nagan Raya H. M Jamin Idham. Dalam sambutannya Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Inf Guruh Tjahyono, S.I.P, M.I,Pol, membenarkan, untuk pertama kalinya dalam sejarah, pembukaan TMMD dilakukan tanpa upacara.

Mengingat pandemi Covid-19 saat ini masih menjadi ancaman bagi seluruh masyarakat. Namun pihaknya bersyukur, atas ridho Tuhan YME, berbagai kegiatan pembukaan TMMD yang dilaksanakan secara simbolis dapat berjalan dengan baik.

Adapun kegiatan fisik yang akan dilaksanakan yakni pembukaan akses jalan sepanjang 1.000 meter dengan lebar 12 meter dengan rencana pengerjaan selama satu bulan pada Desa Tuwi Buya menuju Desa Kuta Trieng, โ€œkarena yang biasanya masyarakat harus menempuh jarak 5 KM, harapannya dengan adanya jalan tersebut kini hanya perlu menempuh 1000 M saja. Insya Allah ini membantu proses transportasi dan perekonomian, terutama mobilitas pembangunanโ€, jelasnya.

Adapun yang menjadi sasaran fisik lainnya yaitu pembuatanย Bough Deckkerย danย Box Culvertย serta pembuatan saluran beton sikluf dengan panjang 100 meter, serta rehap RTLH 2 unit warga Desa tersebut, selain kegiatan fisik TMMD Reg 108 Kodim 0116/Nagan Raya juga melaksanakan kegiatan non fisik, seperti penyemprotan disenfiktan guna pencegahan penyebaran covid 19, dan wawasan kebangsaan kepada masyarakat Desa tersebut.

Bupati Nagan Raya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah memberikan jasanya kepada masyarakat, guna mewujudkan masyarakat pedesaan yang semakin sejahtera, “semoga kehadiran TMMD ini menambah wawasan berfikir masyarakat Nagan Raya yang lebih maju dan menambah jalinan silahturrahmi” tutur bupati.