Topdam IM Melaksanakan Latihan Pemotretan Udara Dengan Mengunakan Pesawat Tanpa Awak (UAV)

Oleh

Banda Aceh-Sejumlah Personil Topdam IM melaksanakan kegiatan Latihan pemotretan udara dengan menggunakan pesawat tanpa awak (UAV) di Mako Yonzipur 16/DA di Indrapuri. Rabu ( 24/06/20).

dalam kegiatan tersebut personel yang terlibat kegiatan sebanyak 15 orang di pimpin Mayor Ctp Budi Widodo.

Adapun dalam kegiatan latihan tersebut tetap melaksanakan protokol kesehatan,untuk mencegahnya Covid-19.

Ini adalah Salah satu tugas pokok Topdam IM dalam rangka mendukung OMP dan OMSP adalah menyelenggarakan penyediaan dan penyajian informasi Topografi wilayah Kodam melalui pembuatan, revisi peta dan data Topografi, analisa medan, serta pembuatan produk informasi Topografi dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam.

Dalam melaksanakan revisi/pembaharuan peta Topografi dengan tujuan untuk memperbaharui detail-detail medan  yang ada di suatu wilayah sehingga akan di peroleh data yang akurat di atas peta dengan keadaan yang sebenarnya di  wilayah tersebut. Seiring perkembangan teknologi saat ini Topdam IM memiliki UAV untuk kepentingan pemetaan.

Dari kegiatan ini diperoleh/di hasilkan foto udara yang menggambarkan kondisi medan sebenarnya  di Mako Yonzipur 16/DA, berikut luasan lahan serta batas dakam Batalyon tersebut.

Hasil pemotretan dengan UAV adalah peta foto udara yang dapat memberikan gambaran sebenarnya tentang obyek atau detail medan yang sesungguhnya antara lain dapat memberikan informasi tentang variasi bentuk medan, ketinggian tempat, kecuraman lereng, vegetasi lahan, akses-akses jalan, perairan, dan lain-lain. Dalam bidang militer, informasi tersebut dapat berguna untuk rencana kegiatan  intelejen, operasi, dukungan logistik, rehabilitasi lahan rusak akibat operasi militer, dan lain-lain

Komentar

Loading...