Danrem 012/Teuku Umar Motivasi Pengembangan Pencak Silat di Nagan Raya

Nagan Raya – Komandan Korem (Danrem) 012/Teuku Umar Kolonel Inf  Djon Afriandi, S.I.P, MS.DA, mendukung kemajuan dan pengembangan pencak silat di Nagan Raya. “Dengan adanya pertemuan atau komunikasi kreatif hari ini, saya ingin menjalin silaturahim dan berkomunikasi dengan sejumlah perguruan pencak silat di Nagan Raya, ” kata Danrem 012/TU di Makodim 0116/Nara, usai meninjau lokasi TMMD Kodim 0116/Nagan Raya di Darul Makmur. Kamis (2/7/20).

Menurut dia, pencak silat yang bernaung dibawah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Aceh tercatat di Banda Aceh, Kita berharap kedepan para pemuda harapan bangsa ikut berpartisipasi kegiatan pencak silat ini, karena tujuan dari kegiatan ini untuk mendorong pembentukan sumber daya manusia Indonesia, khususnya untuk wilayah barat selatan Provinsi Aceh pada umumnya,” kata Djon.

Dengan silat, lanjut mantan Koorspri Kasad itu berharap pembentukan SDM Barat Selatan Aceh bisa lebih kreatif dan inovatif disisi keolahragaan.

“Kita berharap ada penyiapan atlet-atlet Aceh khususnya dari cabang pencak silat yang siap berlaga di PON nantinya, bisa meraih prestasi dan menjadi kebanggaan tersendiri bukan saja sukses sebagai penyelenggara tapi juga sukses menorehkan prestasi,” kata Djon.

Disinggung soal 1 Juli yang biasanya diperingati oleh pihak yang bertentang dengan pemerintah, Djon mengajak semua pihak untuk tidak ikut terprovokasi dengan isu yang menyesatkan, tetapi bersama-sama pemerintah bergandengan tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang banyak menyita energi.
“Korem 012/TU dan jajaran di lapangan terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan bagaimana menjaga kedamaian dan kenyamanan yang telah terjalin baik selama ini. Tentunya jika ada perbuatan melanggar aturan, kami akan dorong agar aparat kepolisian menegakkan hukum,” kata Djon.

Adapun pengurus Pencak Silat PSHT Kabupaten Nagan Raya yakni, Serda Mawan Yulianto, Ketua Panitia Sertu Laga Darma, Dewan Wasit Kopda Bintoro dan Kopda Rudiyanto yang juga mereka adalah anggota Kodim 0116/Nagan Raya, sementara peraih Juara 1 pada lomba pencak silat ini diraih oleh Agus Purwanto, juara 2 oleh siswanto dan juara 3 Eka Putri.

Ketua Pencak Silat PSHT Kabupaten Nagan Raya Sertu Mawan Yulianto yang juga anggota Kodim 0116/Nagan Raya  mewakili pengurus IPSI Nagan Raya mengaku berterima kasih kepada Danrem 012/TU yang sudah mengajak sejumlah perguruan silat untuk bersilahturahim dan juga memberikan motivasi ditengah pandemi Covid-19.