Personel Kodim 0106/Aceh Tengah Rehab Rumah Tidak Layak Huni Milik Warga Pantan Musara

Oleh

Takengon – Personel Kodim 0106/Aceh Tengah kembali melakukan perehaban rumah tidak layak huni milik warga Dusun Mekar Sari, Kampung Pantan Musara, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Rehab rumah warga kurang mampu ini, bertepatan dengan agenda dalam menyambut HUT ke-75 TNI.

Kegiatan rehab rumah tidak layak huni yang dilakukan jajaran Kodim 0106/Aceh Tengah, menjadi salah satu fokus bakti sosial personel TNI-AD dalam membantu warga kurang mampu. Sebelumnya, kegiatan serupa juga telah dilaksanakan di Kampung Jaluk, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah. Kamis (17/9/2020).

Rehab rumah tidak layak huni di Dusun Mekar Sari, Kampung Pantan Musara, Kecamatan Pegasing, melibatkan sekitar 20 orang personel yang terdiri dari anggota TNI Kodim 0106/Aceh Tengah, serta sejumlah masyarakat setempat. Kegiatan dimulai dengan apel bersama yang dipimpin staff territorial Kodim 0106/Aceh Tengah, Serka Teguh.

Usai melaksanakan apel, kegiatan dilanjutkan dengan pembongkaran rumah milik Saksi Ahli (54) warga Dusun Mekar Sari. Sejumlah personel TNI, tampak melakukan pembongkaran rumah yang berkontruksi papan milik warga kurang mampu itu. Beberapa konstruksi yang tidak layak, seperti jendela, pintu serta beberapa bagian dinding dibongkar untuk diganti dengan yang baru.

Disela-sela kegiatan, Serka Teguh menuturkan, perehaban rumah warga kurang mampun itu, akan dilaksanakan semaksimal mungkin dengan melibatkan sejumlah personel serta masyarakat setempat. “Meskipun dilakukan secara gotong royong, tetapi pelaksanaannya dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga bisa mendapatkan hasil yang baik,” tegas Serka Teguh.

Menurutnya, proses penggerjaan perehaban rumah tidak layak huni tersebut, ditargetkan akan rampung selama beberapa hari ke depan, sehingga penghuni rumah bisa segera mendapatkan rumah yang layak untuk ditempati. “Untuk sementara, pemilik rumah diungsikan di rumah tetangga, sehingga proses pengerjaan rehab rumah ini, bisa dilakukan secepat mungkin,” ujarnya.

Mengawali proses perehaban rumah tidak layak huni tersebut, dilaksanakan apel bersama yang dihadiri oleh perangkat desa mulai dari Kepala Dusun Mekar Sari, Junaidi, Reje (Keucik) Kampung Pantan Musara, Dwi Saputro, Babinsa Pantan Musara, Serda Setiawan, serta sejumlah warga setempat.

Komentar

Loading...