TMMD, Kodim 0106 Aceh Tengah Resmi Dibuka

Takengon – Kodim 0106 Aceh Tengah secara resmi memulai kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 yang dilaksanakan di Kampung Wih Ilang dan Kampung Pantan Musara, Kecamatan Pegasing, Selasa (22/09/2020).

Upacara peresmian dimulainya Kegiatan Tentara Masuk Desa (TMMD) tidak dilakukan di lapangan, dan tanpa masa, Kegiatan berlangsung di Aula Setdakab Aceh Tengah. Acara berlangsung sederhana, peserta juga dibatasi dan harus menjaga jarak, memakai masker dengan mengikuti protokol kesehatan.

Dalam acara seremoni pembukaan tersebut, turut hadir Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Teddy Sofyan, Kapolres AKBP Mahmun Hary Sandy, perwakilan Kejari serta Pengadilan Negeri Takengon, dan pejabat di lingkungan Pemkab Aceh Tengah dan unsur terkait lainnya.

โ€œSasaran kegiatan dalam TMMD ke-109 ini, ada dua sasaran yaitu fisik dan non fisik,โ€ kata Letkol Inf Teddy Sofyan dalam sambutanya.

Menurut Teddy Sofyan, untuk kegiatan fisik berupa pelebaran jalan dengan panjang 4.200 x 6,5 meter. Selanjutnya pengerasan jalan sepanjang 4.200 x 4 meter, pembuatan jembatan satu unit, dan pembuatan gorong-gorong 4 unit.

โ€œUntuk non fisik, ada sosialisasi wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan, bahaya narkoba, pertanian, terorisme dan faham radikal, serta penyuluhan hukum,โ€ jelasnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar yang hadir dalam kegiatan pembukaan TMMD ke-109 menuturkan, kegiatan TMMD telah dilaksanakan secara rutin sehingga manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat.

โ€œHal ini sejalan dengan upaya Pemkab Aceh Tengah, di dalam percepatan dan pemerataan pembangunan,โ€ kata Shabela Abubakar.

Di samping itu, lanjut Shabela, program TMMD merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program pemerintah, baik pusat maupun daerah terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

Usai dilakukan upacara pembukaan TMMD ini, Dandim 0106 Aceh Tengah, Bupati, Kapolres dan segenap undangan lainya meninjau lokasi TMMD di Wih Ilang yang jaraknya sekitar 27 kilometer arah selatan kota Takengon.