Babinsa Koramil 10/Peukan Bada Bina Peternak Sapi Lokal

Aceh Besar–Permintaan pasar terhadap ketersediaan daging sapi lokal sangat tinggi, ini menjadi peluang usaha bagi masyarakat untuk mengambil bagian di sektor tersebut, sehingga masih banyak ditemukan masyarakat yang menggeluti usaha penggemukan sapi lokal.

Berbekal pengetahuan yang telah diberikan oleh Pusdikter TNI AD pada 2017 tentang teknis penggemukan sapi, Sertu Hesdin Babinsa Koramil 10/Peukan Bada Kodim 0101/BS berusaha memanfaatkan ilmu yang di dapat untuk membantu masyarakat mensukseskan usaha penggemukan sapi yang ada di Desa Lam Hasan Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar, Minggu (18/10/2020).

Ia meberi masukkan kepada peternak hal-hal yang perlu dilakukan serta apa saja langkah yang harus diperhatikan guna menjaga supaya ternak tetap sehat dan cepat gemuk.

“Dengan pemberian pakan hijau yang dikombinasikan dengan pakan konsentrat yang teratur, peningkatan bobot ternak akan cepat meningkat” ujar Sertu Hesdin saat bersamaan peternak sapi bapak Mustafa.

“Benar pak, namun banyak kendala kami di usaha penggemukan sapi ini, terutama masalah bibit unggul hingga pemilihan kombinasi pemberian pakan yang tepat pada ternak, hal ini karena kami masih menggunakan metode tradisional” keluh pak Mustafa pada Babinsa.

Banyak hal yang perlu diperbaiki untuk dapat meningkatkan produktifitas daging di peternakan masyarakat, sehingga dirasa perlu adanya kegiatan penyuluhan dan pendampingan secara rutin kepada peternak lokal yang ada, sehingga dapat meningkatkan tambahan pendapatan perekonomian bagi masyarakat.