Kapoksahli Pangdam IM Tutup Program TMMD Reguler Ke-109 Kodim 0106/Aceh Tengah

Aceh Tengah – Kapok Staf Ahli Panglima Kodam Iskandar Muda (Kapoksahli Pangdam IM), Brigjen TNI Bambang Indrayanto mewakili Pangdam IM, Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M., menutup Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-109 Kodim 0106/Aceh Tengah di Kantor Bupati Aceh Tengah, Rabu (21/10/2020).

Dandim 0106/Ateng, Letkol Inf Teddy Sofyan dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama pemerintah daerah Kabupaten Aceh Tengah dan segenap masyarakat atas segala dukungan, sehingga kegiatan TMMD ini dapat berjalan dengan lancar dan mencapai target yang diharapkan.

“Saya berharap kemanunggalan antara TNI dengan rakyat guna mengembangkan potensi daerah kita semakin terjaga, sehingga dapat meningkatkan ketahanan nasional. Semoga hasil karya program TMMD ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan warga setempat dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Dandim 0106/Ateng.

“Dengan memanjatkan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, TMMD Reguler Ke-109 tahun 2020 di wilayah Kodim 0106/Ateng telah selesai kami rampungkan,” pinta Dansatgas TMMD Kodim 0106/Ateng.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, menilai pelaksanaan TMMD Reguler ke-109 yang difokuskan di wilayah Kampung Pantan Musara – Wih Ilang, Kecamatan Pegasing, telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

“Program ini merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk membantu masyarakat, khususnya dalam meningkatkan pembangunan di wilayah desa. TMMD ini juga salah satu upaya TNI bersama pemerintah daerah dalam memperkuat dan memberdayakan ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah,” ujar Bupati Shabela.

“Terima kasih, melalui kegiataan TMMD, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah memiliki harapan terhadap peningkatan jalinan kerja sama antar seluruh instansi baik TNI, Polri dan sipil di wilayah Kabupaten Aceh Tengah. Semoga hal ini dapat membawa manfaat bagi peningkatan kesejahteraan, khususnya dalam memperlancar akses transportasi dan pemberdayaan ekonomi rakyat,” imbuhnya.

Dalam sambutan Pangdam IM yang dibacakan Kapoksahli Pangdam IM, menjelaskan di wilayah Kodim 0106/Ateng, Kodam IM telah menyelesaikan sasaran fisik berupa pelebaran dan pengerasan jalan sepanjang 4,2 kilometer, pemasangan gorong-gorong di empat titik, serta pembuatan jembatan sebanyak satu unit.

Sedangkan sasaran non-fisik berupa penyuluhan pertanian, kesehatan, keluarga berencana, Kamtibmas, kehutanan, hukum, negara, bahaya narkoba, terorisme dan paham radikal. Kegiatan non-fisik dilaksanakan untuk membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat.

“Saya selaku Pengendali Kegiatan Operasional (PKO) TMMD menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama Pemerintah Daerah atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan,” kata Kapoksahli Pangdam IM.

Pangdam berpesan, khususnya kepada anggota Satgas TMMD serta masyarakat agar terus menjaga kebersamaan sekaligus kemanunggalan antara TNI dengan rakyat guna mengembangkan potensi daerah di wilayah masing-masing dan pelihara hasil karya program TMMD ini dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan masyarakat.

“Teruslah membangun diri pribadi kita sebagai agen-agen pembangunan, yang menyebarkan energi-energi positif bagi lingkungan, agar kita menjadi masyarakat yang maju dan berbudaya luhur. Mari kita bersinergi membangun Aceh yang damai, bangkit dan maju,” pungkas Kapoksahli Pangdam IM sembari menutup acara secara resmi.

Usai menutup kegiatan, Kapoksahli Pangdam IM menyaksikan penandatanganan dan penyerahan berita acara hasil pekerjaan Program TMMD Reguler Ke-109 yang dilakukan Dandim 00106/Ateng kepada Bupati Aceh Tengah.

Turut hadir dalam acara ini, Forkopimda Aceh Tengah, para Kepala SKPK Aceh Tengah, dan para tamu undangan lainnya.