AJENDAM IM LAKSANAKAN SOSIALISASI TERTIB ADMINISTRASI DAN PANDUAN PEMERIKSAAN ADMINISTRASI (RIKMIN) PENERIMAAN PRAJURIT TNI AD

Banda Aceh – Personel Ajendam IM beserta perwakilan personel jajaran Kodam IM menerima Team Sosialisasi Tertib Administrasi dan Panduan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) penerimaan Prajurit TNI AD dari Ditajenad di Aula Maajendam IM, Selasa (27/10/20).

Kedatangan team tersebut sebagai supervisi dalam rangka meningkatkan pemahaman pentingnya pelaksanaan tertib administasi personel militer dan panduan pemeriksaan administrasi penerimaan Prajurit TNI AD. Dalam hal ini Ditajenad selaku pembina administrasi Angkatan Darat melaksanakan sosialisasi ke seluruh jajaran TNI AD, adapun team yang bertugas di wilayah Kodam IM adalah : Letkol Caj Drs. Ngakang, M.T. dan Letkol Caj Surono.

Pada kesempatan pembukaan kegiatan sosialisasi tersebut Kaajendam IM Kolonel Caj Usman Syamsuddin, S.A.P menyatakan pada peserta sosialisasi yang hadir, bahwa kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya kegiatan administrasi yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan prinsip BLAM (Benar, Lengkap, Absah dan Mutakhir), sehingga hal tersebut menjadi pedoman bagi para peserta untuk dilaksanakan dan disampaikan pada kesatuannya masing-masing.

Pada kesempatan tersebut Kaajendam IM tetap mengingatkan pada pelaksanaan kegiatan tersebut agar tetap mematuhi dan mentaati protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Kegiatan selanjutnya penyampaian amanat dari Dirajenad yang dibacakan oleh Ketua Team Sosialisasi Letkol Caj Drs. Ngakang, M.T.  Pada kesempatan ini Dirajenad berpesan bahwa “Penyelenggaraan sosialisasi tertib administrasi dan panduan pemeriksaan administrasi penerimaan Prajurit TNI AD ini bertujuan untuk memperoleh kesamaan pemahaman dan tindakan dalam proses penyelenggaraan administrasi personel terutama tentang tulisan dinas”.

Inti dari kegiatan sosialisasi disampaikan pemateri adalah penyampaian dan penjelasan tentang peraturan dan ketetentuan terbaru pada tulisan dinas yang berlaku di Angkatan Darat.  Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat menyamakan persepsi tentang berbagai macam bentuk produk tulisan dinas yang berlaku saat ini.

Pelaksanaan acara kegiatan tersebut di bagi dua sesi, sesi pertama Sosialisasi Tertib Administrasi disampaikan oleh Letkol Caj Surono mulai dari pukul 08.00-10.15 Wib, dihadiri 47 orang peserta dari perwakilan satuan jajaran Kodam IM, dan  sesi kedua Sosialisasi Panduan pemeriksaan administrasi penerimaan Prajurit TNI AD oleh Letkol Caj Drs. Ngakang M.T.  mulai pukul 10.30-12.30 Wib, dihadiri 32 orang peserta dari Spersdam IM, Ajendam IM, Ajenrem 011/Lilawangsa dan Ajenrem 012/Teuku Umar, pelaksanaan sosialisasi diakhiri dengan diskusi/tanya jawab.