Tingkatkan Kemampuan Saka Wira Kartika, Koramil 06/Manggeng Gelar Pelatihan

Oleh

Abdya - Dalam rangka membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, seperti yang dilakukan oleh Koramil 06/Manggeng Kopda Sukimin melaksanakan pembinaan kepada Pramuka Saka Wira Kartika bertempat di SMU 2 Abdya, Desa Seunelop, Kecamatan Manggeng, Sabtu (31/10/2020)

Kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika ini sejatinya berlangsung sudah lama dengan mengagendakan kegiatan secara rutin dan berkala. Bahkan kegiatan ini tetap terus dilaksanakan untuk mewujudkan pembinaan Teritorial di bidang Wanwil (Perlawanan Wilayah) yang digalakkan di semua SMA Sederajat di Wilayah Teritorialnya

Selama pembinaan, anggota Saka Wira Kartika ini mendapatkan pengetahuan pendidikan dan latihan dari Pelatih dan Pembina yang membuat para anggota Saka ini agar tetap bisa mengembangkan karya dan prestasi penting dalam kegiatan di event tertentu.

Adapun pembekalan pembinaan pendidikan dan latihan ini akan menerima materi Lima Krida yaitu Krida Navrat, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Survival, dan Krida Penangulangan Bencana Alam, selain itu anggota Saka Wira Kartika juga menerima materi tambahan yaitu materi Bela Negara yang mengacuh pada pembinaan Wanwil untuk tetap sigap dalam kesiapsiagaan menghadapi segala ancaman apapun di Wilayah.

Dalam pelaksanaan pembinaan tetap menjalankan  protokol kesehatan secara ketat, Para anggota pramuka mendapatkan materi pembekalan baik teori maupun praktek. Peserta dibekali dengan materi 6 Krida antara lain Krida Pengenalan Senjata, Krida Mountainering, Krida Pionir, Krida Survivel, Krida Rayapan Tali Satu dan Krida Penanggulangan Bencana Alam yang merupakan program pelatihan dari Saka Wira Kartika ditambah dengan materi tentang Protokol Kesehatan.

Disela-sela kegiatan Kopda Sukimin mengatakan," kegiatan tersebut bertujuan untuk membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif serta dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbhakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

"Terkhusus saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 selain diberikan materi krida maka kita juga berikan pembekalan tentang disiplin protokol kesehatan, yang mana sebagai generasi muda nantinya kita harapkan mereka dapat menjadi penegak disiplin pelaksanaan normal baru," Imbuh Kopda Sukimin

Komentar

Loading...