Kodim 0119 / BM Berikan Pengenalan Karakteristik Wilayah dengan Gelar Pembinaan RT/RW Pertahanan Darat

Redelong – Satuan Komando Distrik Militer (Kodim) 0119/BM menggelar tata ruang wilayah pertahanan darat, di Aula Makodim Jalan Jalur Dua Desa Wonosobo Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah, Kamis (03/12/2020).

Kegiatan tersebut langsung di buka oleh Dandim 0119/BM Letkol Inf Valyan Tatyunis yang di ikuti para Danramil, Perwira staf, dan Babinsa Jajarannya sebanyak 80 0rang.

Dalam sambutannya, Dandim menyampaikan bahwa dengan mengembang UU RI Nomor 34 tentang TNI, salah satunya melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk membantu pemerintah, menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan nasional.

Menurut Dandim, dalam pembinaan rencana tata ruang wilayah yang handal perlunya keterpaduan antar kepentingan pemerintah daerah dan kepentingan pertahanan sehingga tercipta suatu wilayah yang dapat menjadi daerah pangkal perlawanan dalam mewujudkan kepentingan pertahanan negara yaitu SISHANTA.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk membangun secara fisik berupa infrstruktur maupun fasilitas lainnya, dengan mengenal dengan baik karakteristik wilayah di semua bidang (bidang geografi, demografi dan kondisi sosial).

Dengan diadakannya kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat, Satuan Kodim diharapkan mencapai sasaran diantaranya, terdatanya wilayah pertahanan darat yang statis dan dinamis.

Di katakan Dandim lebih lanjut, terdatanya kondisi wilayah ( geografi, demografi, kondisi sosial, SDA dan SDB) yang faktual, Terdatanya persepsi ancaman dan peluang dalam menyiapkan RTRW sehingga mendapatkan kesamaan data atas dasar kesamaan visi dan persepsi serta sinergitas RTRW Kodim 0119/BM dengan konsep RTRW Kabupaten Bener Meriah dalam membuat konsep pertahanan wilayah.

Pada kesempatan ini juga Kodim mengundang Kasi pengembangan wilayah Dinas Pekerjaan Umum (PU) kabupaten BM Mulyadi. ST.

Kasi pengembangan wilayah akan menyampaikan materi yang berhubungan dengan rencana tata ruang wilayah pertahanan Darat di wilayah Kodim 0119/BM dan kepada seluruh peserta.

“Kiranya seluruh peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan apa yang disampaikan pemateri dapat di terima dengan baik,” pesan Dandim