Upaya Meningkatkan Hasil Panen Yang Maksimal, Babinsa 10/Labar Bantu Petani Pemupukan Padi

Aceh Selatan – Babinsa Koramil 10/Labuhan Haji Barat Kodim 0107/Aceh Selatan Kopda Yunadi melakukan pendampingan pertanian serta ikut membantu petani Desa binaannya melakukan pemupukan padi di lahan Desa Blang Poroh Kecamatan Labuhan Haji Barat Kabupaten Aceh Selatan, Senin (18/1/2021).

Pendampingan pertanian yang di lakukan Babinsa ini merupakan sebagai upaya membantu Pemerintah mewujudkan ketahanan pangan serta memberikan pendampingan dalam upaya meningkatkan hasil pruduksi yang optimal.

“Dimasa pertumbuhan ini, di perlukan perawatan tanaman yang tepat dan benar, terlebih saat tanaman padi diserang hama atau penyakit. Termasuk pemupukan yang harus dilakukan untuk kesuburan tanaman padi dan tentunya jenis pupuk, takaran atau dosis juga harus tepat dan di konsultasikan kepada PPL selaku pendamping.”jelas Kopda Yunadi.

Lebih kanjut, Kopda Yunadi mengatakan, pendampingan terhadap petani dan kelompok tani yang dilakukan para Babinsa sebagai bagian dari upaya khusus pendampingan pertanian, sekaligus mendongkrak produktifitas hasil panen.

“Dengan hasil panen yang baik, maka dengan sendirinya pendapatan petani akan bertambah dan program swasembada pangan akan tercapai.”imbuhnya.

Di sela-sela pemupukan padi itu juga, Kopda Yunadi berharap kepada petani warga Desa binaannya agar merawat tanaman padi dengan optimal agar masa pertumbuhan berkembang dengan baik, sehingga hasil yang di perolehpun akan melimpah.