30 Tenaga Kesehatan Jajaran Kesdam IM Divaksinasi Covid-19

Banda Aceh – Sebanyak 30 tenaga kesehatan melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada Selasa, 19 Januari 2021, di Rumah Sakit Kesdam Iskandar Muda (IM), Kota Banda Aceh.

Penyuntikan dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac untuk tahap pertama ini diperuntukkan bagi para perwira tenaga kesehatan di jajaran Kesdam IM.

Dalam sambutan Kakesdam IM, Kolonel Ckm dr. Ismi Purnawan, Sp.JP (K) M.A.R.S., FIHA., menyampaikan sampai hari ini dirinya tidak merasakan efek yang serius atau berbahaya usai melaksanakan vaksinasi bersama Forkopimda Aceh pada Jumat, 15 Januari 2021 di RSUDZA Banda Aceh.

“Sampai saat ini, Alhamdulillah, saya juga melaksanakan kegiatan seperti biasa, tidak ada gangguan atau keluhan yang saya rasakan,” ujar Kakesdam IM

Selain itu, Kakesdam juga mengungkapkan berdasarkan hasil video conference (vikon) bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, kemarin, juga tidak ditemukan gejala serius setelah vaksinasi di seluruh Indonesia.

“Sudah hampir 20 ribu yang sudah disuntikkan di seluruh Indonesia, itu pun tidak didapatkan gejala-gejala yang serius pasca penyuntikkan vaksinasi ini,” ungkapnya.

“Jadi boleh dibilang vaksinasi Covid-19 Sinovac ini bisa dikatakan aman dan mudah-mudahan kita yang ada di sini juga aman, tapi dengan catatan, tetap apabila yang memiliki komorbid yang serius disarankan tidak untuk sementara ini diberikan,” sambung Kakesdam.

Kakesdam IM Kolonel Ckm dr. Ismi Purnawan berharap pelaksanaan vaksinasi ini berlangsung dengan aman dan lancar.

“Kita harapkan juga nanti hasilnya antibodi kita naik, dan catatan bagi yang sudah pernah dinyatakan pernah positif dengan sendirinya sudah tereliminir (terevaluasi). Bagi yang lain mari kita sukseskan, ini tidak sakit,” pungkasnya.

Pada pelaksanaan pemberian vaksin di jajaran Kesdam IM ini, turut hadir Karumkit TK II Kesdam IM, Kolonel Ckm dr. Gaguk Prasetya dan Wakakesdam IM, Letkol Ckm dr. Handy Hernandy Yuliawan, Sp.M.