Dandim: Pembukaan Jalan oleh Satgas TMMD Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Lhokseumawe – Pembukaan jalan sepanjang empat ribu meter yang dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 100 Kodim 0103 Aceh Utara di Desa Alu Dua, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara,  diharapkan dapat memacu perekonomian masyarakat terutama dari sektor perkebunan.

Komandan Kodim 0103 Aceh Utara letkol Kav. Fadjar Wahyu Broto, Kamis (13/10) mengatakan, bahwa kegiatan pembukaan jalan ini akan semakin dapat membuka akses perekonomian dan mempermudah  masyarakat mengangkut hasil bumi didaerah tersebut terutama perkebunan.

Karena sebagaimana dikatakan olehnya, kawasan tersebut merupakan dataran tinggi dan merupakan daerah perkebunan seperti kopi, kakao dan lain sebagainya. Sedangkan selama ini, dikawasan dimaksud hanya ada jalan setapak saja, yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

“ Sehingga dengan adanya pembukaan jalan dalam program TMMD dimaksud, akan semakin mudah dan semakin terbuka akses transportasi masyarakat petani dikawasan tersebut dalam melakukan aktivitas sehari-harinya dalam bercocok tanam dengan berbagai komoditi yang memiliki nilai kompetitif,” ungkap Dandim 0103 Aceh Utara tersebut.

Lanjutnya, sarana dan prasarana jalan adalah urat nadi perekonomian. Jika ada akses jalan yang memadai disuatu daerah, maka dengan sendirinya akan memacu perekonomian didaerah tersebut.

“ Oleh karena itu, dengan terbukanya akses jalan yang dibangun oleh Satgas TMMD di Alu Dua, Kecamatan Nisam Antara, yang merupakan kawasan pedalaman Aceh Utara tersebut, dapat memacu perekonomian didaerah tersebut,” jelas Letkol Kav. Fadjar Wahyu Broto.

Sementara itu, proses pembukaan badan jalan sepanjang empat Kilometer tersebut terus dilakukan oleh Satgas TMMD diperkirakan, pembukaan jalan dengan lebar enam meter tersebut dapat selesai tepat waktu.