Dandim Aceh Utara Pimpin Upacara di Makam Cut Nyak Meutia

Aceh Utara – Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Komplek Makam Cut Nyak Meutia yang berada di kawasan hutan lindung Gunong Lipeh, Pirak Timu, Aceh Utara. Jum’at (10/11).

Upacara itu diikuti oleh Puluhan peserta yang terdiri pesonil Kodim 0103 dan Polres Aceh Utara, Resimen Mahasiswa (Memwa) Universitas Malikusaleh, beberapa tokoh dan masyarakat Aceh Utara.

Dalam upacara tersebut, Dandim juga membacakan sambutan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

“Setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa Idonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, Pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia , mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup dibumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka,”kata Dandim membacakan sambutan khofifah.

Bung Karno, Lanjut Fadjar, pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya, kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua.

“Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri Indonesia,” ajaknya.

Sebelum upacara dimulai, Dandim dan para peserta upacara lainya melakukan tabur bunga dan berdoa di pusara makam Cut Nyak Meutia.