Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa Bantu Petani Panen Padi

Aceh Utara – Dalam rangka mensukseskan program Pemerintah tentang Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 24/Nibong Jajaran Kodim 0103/Aceh Utara Kopda Suwardi turun ke sawah membantu petani memanen padi di desa Sumbok Reyeuk Kecamatan Nibong Kabupaten Aceh Utara. Senin ( 13/11).

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto melalui Danramil 24/Nibong Kapten Inf A. Mansyur mengatakan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa mulai dari kegiatan penyuluhan, bercocok tanam sampai panen merupakan sebagai bentuk pendekatan emosional terhadap masyarakat binaannya dan untuk memperlancar kerjasama dengan para petani yang bertujuan meningkatkan program swasembada pangan yang ditargetkan Pemerintah.

“Babinsa akan selalu siap mendampingi para Petani dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program ketahanan pangan Nasional di Kabupaten Aceh Utara,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Kapten Inf Mansyur kegiatan pendampingan ini juga untuk  memupuk kebersamaan dan tetap menjalin hubungan harmonis dengan masyarakat.

Abdullah (54) petani setempat mengatakan bahwa dengan adanya program ini, para petani sangat terbantu dengan harapan akan meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Setelah mendapatkan pendampingan dari Babinsa dan PPL dari Dinas Pertanian, hasil panen semakin meningkat dari sebelumnya,” jelasnya.

Peran Babinsa dan PPL Dinas Pertanian menjadi sangat diharapkan oleh masyarakat khususnya para petani, apabila rajin turun ke sawah melakukan pengawasan pengecekan serta  pendampingan itu akan sangat berpengaruh sekali terhadap swasembada pangan sesuai harapan Pemerintah saat ini, Ungkap Abdullah.