Praka Basmi Bantu Petani Bajak Sawah Dengan Alat Modern

Aceh Utara –  Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 28/Pirak Timu Jajaran Kodim 0103/Aceh Utara, Praka Basmi membantu membajak sawah milik Boihaki (38) dengan menggunakan traktor modern di Desa Alue Bungkoh Kecamatan Pirak Timu Kabupaten Aceh Utara. Rabu (15/11).

Ditemui disela membajak sawah, Praka Basmi mengatakan bahwa kegiatan pendampingan kepada Petani ini merupakan perintah pimpinan untuk menjalankan hasil  MoU antara Mentri Pertanian dengan Panglima TNI dalam rangka mensukseskan Program Swasembada Pangan.

“MoU antara Menteri Pertanian dengan panglima TNI telah ditandatangani, maka kami sebagai Babinsa harus siap melaksanakan isi MoU itu diantaranya untuk menjadi pendamping para petani,” ucap Praka Basmi.

Sementara itu, Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto ditempat terpisah mengatakan bahwa pihaknya telah memerintahkan Babinsa untuk terus melakukan pendampingan terhadap para petani agar Program Swasembada pangan di Aceh Utara ini tercapai sesuai dengan target yang telah di tentukan.

Kemudian Dandim juga mengatakan bahwa bagi para petani apabila tidak memiliki traktor untuk membajak sawahnya dapat meminjam ke Kodim melalui Koramil dimana petani tersebut berdomisili.

“Silahkan gunakan mesin traktor yang ada dikodim, tidak kami pungut biaya sepeser pun,” ujarnya.

Pengolahan menggunakan mesin traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur.

Dengan pengolahan lahan menggunakan Traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serrta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional, tutupnya.