Dandim 0104/Atim Hadiri Apel Gelar Pasukan Satgas Antisipasi Karhutla di Aceh Tamiang

Aceh Tamiang – Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE. hadiri Apel Gelar Pasukan Satgas Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2017 di Mapolres Aceh Tamiang jalan Raya Medan – Banda Aceh Desa Tanah Terban Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (3/10).

Apel dipimpin oleh Bupati Aceh Tamiang Hamdan Sati. Ia mengatakan “ Provinsi Aceh termasuk sering terjadi pembakaran hutan dan lahan, timbulnya asap menjadi masalah nasional serta agenda rutin dan isu penting. Pelakunya oknum masyarakat dan perusahaan yang membuka lahan sehingga dapat menimbulkan korban jiwa ” ujarnya.

Fungsi apel gelar satgas Karhutla ini di laksanakan untuk kesiapsiagaan Kabupaten serta antisipasi jika Karhutla terjadi, Imbuhnya,  dan “ Satu hal sebagai catatan bahwa tak ada yang mampu menjamin Aceh Tamiang terbebas dari bencana alam, Forkopimda Aceh Tamiang dan masyarakat serta lembaga usaha harus berpartisipasi dalam mencegah Karhutla secara rutin serta adakan tindakan preventif “  tegasnya lagi.

Menanggapi hal itu Dandim Atim mengatakan “ Ia beserta Anggotanya selalu siap sedia untuk membantu sepenuh hati dalam antisipasi dan mengatasi Karhutla di tiga kabupaten/Kota wilayah binaannya “ jelas Dandim .Turut hadir Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian Sik, Sekda Kab. Atam Razuardi, Pabung Aceh Tamiang Mayor Inf A.Yani, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samsul dan anggota tim Karhutla Kab. Atam, Staf Pertamina EP.Rantau Hariyanto serta meliputi TNI, Polri, Kehutanan, Sar, Tagana, Pertamina, Satpol PP dan Perusahan Perkebunan Kab. Atam.

Acara diakhiri dengan Simulasi Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan oleh gabungan TNI, Polri, Kehutanan, Sar, Tagana, Pertamina, Satpol PP dan Perusahan Perkebunan Kab. Atam bertempat di Lapangan depan Stadion  Tanah Terban Kec. Karang Baru Kab. Atam dan berjalan dengan aman dan lancar.