Dandim Atim Hadiri Ops Bhakti TNI AL Ke-66

Langsa – Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letnan Kolonel Inf Amril Haris Isya Siregar, SE hadiri Operasi Bhakti Sosial dan Kesehatan atau yang dikenal dengan sebutan Surya Bhaskara Jaya ke-66 yang diselenggarakan di Komplek Pelabuhan Kuala Langsa, Gampong Kuala Langsa, Kec. Langsa Barat, Kota Langsa, Minggu (10/11).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Satuan Penugasan (Satgas) TNI-AL ini adalah sebagai wujud Dharma Bhakti dalam membantu menangani permasalahan sosial dan kemanusiaan di seluruh penjuru Nusantara. Masyarakat diberikan pelayanan kesehatan gratis diantaranya Poli Umum, poli gigi, bedah minor, khitan, operasi katarak dan operasi bibir sumbing. Hingga saat ini sudah 1.021 pasien yang terdata menerima pengobatan gratis, 880 orang diantaranya ke Poli Umum.

Selain itu, kegiatan Bhakti sosial ikut menjadi agenda pada kegiatan ini. Mushola Al- Ikhlas dan TPA Babul Ilmi yang terletak di gampong (desa) Kuala Langsa telah direnovasi. Tim Satgas juga melakukan pengecatan bangunan SDN 9 Kuala Langsa, memberikan penyuluhan Bela Negara dan Profil TNI -AL kepada masyarakat, Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut serta Penyuluhan hukum Laut dan berlayar dengan aman kepada Nelayan yang merupakan mata pencaharian mayoritas warga gampong Kuala Langsa.

Menganggapi hal ini, Wali Kota Langsa Usman Abdullah, SE melalui Sekretaris daerah (Sekda) H. Syahrul Thaib, SH menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Mabes TNI AL dalam misi Sosial dan Misi Kemanusiaan yang telah memberikan pengobatan gratis kepada Masyarakat Kota Langsa yang sedang menderita sakit. Secara kemanusiaan, tentunya kita telah menjadi saudara. Dengan hadirnya KRI Dr. Soeharso beserta Satgas Surya Bhaskara Jaya di Kota Langsa, masyarakat merasa sangat terbantu, ditambah lagi prosesnya yang relatif lebih cepat dan sederhana tanpa melalui birokrasi Rumah Sakit Maupun BPJS, ujarnya.

Komandan Satgas (Dansatgas) Operasi Bhakti Sosial dan Kesehatan TNI-AL Surya Bhaskara Jaya Kolonel Laut (K) Dr. Iswanto Budiman dalam sambutannya menyampaikan bahwa Satgas dengan 203 anggota yang dipimpinnya dibentuk untuk membantu kesulitan rakyat Indonesia. Melalui perairan Indonesia, tim yang didatangkan dari Jakarta ini berlabuh di Pulau Banyak Semeulue, Sabang, Lhokseumawe dan terakhir di Kuala Langsa, jelasnya

Kami juga membawa Dokter Spesialis yang standby di Kapal Satgas Baskoro Jaya. Pasien yang akan melaksanakan Operasi dan Rawat Inap terlebih dahulu akan diseleksi di pelabuhan, selanjutnya akan dibawa ke Kapal oleh Tim menggunakan perahu dan akan dilakukan perawatan disana. Esok harinya, pasien akan dikembalikan ke daratan setelah terlebih dahulu dilakukan kontrol oleh Dokter Spesialis yang menangani, terangnya lagi.

Hadir pagi itu Dan Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) M. Samsul Rizal, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE, Sekda Pemko Langsa Syahrul Thaib SH, Kabag Ops Polres Langsa Kompol Khairul Ikhsan, SIK, Kasi Pidsus Kajari Kota Langsa Mawardi, SH, Badan Keamanan Laut (Bakamla TNI-AL), Syahbandar, KPKL, Pol Airud Kota Langsa, Jajaran SKPK Pemko Langsa, Perwakilan Muspika Pemko Langsa, Perwakilan Geucik Gampong Kota Langsa dan Peserta pengobatan masal dari Masyarakat Kota Langsa.