PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA KE-73, PERSONIL KORAMIL TERPENCIL TERIMA BINGKISAN LEBARAN DARI KASAD

Langsa – Kodim 0104/Aceh Timur laksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila ke-73 di lapangan Makodim 0104/Atim Jalan Ahmad Yani Gampong Paya Bujok Seulemak Kecamatan Langsa baro Kota Langsa, jumat (01/06/2018). Dalam pelaksanaannya, Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis secara simbolis serahkan bingkisan lebaran dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono kepada personil Koramil yang berada di daerah terpencil.

Selanjutnya Dandim juga menyerahkan Paket Lebaran dari Primer Koperasi (Primkop) Kartika Samudera Pasai kepada prajurit yang telah menjadi anggota di Koperasi Kodim tersebut. Pembagian paket lebaran ini merupakan salah satu program kerja Primkop Samudera Pasai sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Koperasi.

Pada peringatan Hari Lahirnya Pancasila kali ini, Dandim 0104/Atim membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, yang mana Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945, ucapnya.

Adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita. Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong, bacanya lagi.

Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus kita lakukan. Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, lanjutnya.

Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu dan bergotong royong demi kemajuan bangsa Indonesia, tutup Dandim membacakan amanat Presiden.

About admin

BERBUAT YANG TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Check Also

GEMA TAKBIR DAN TAHMID BERKUMANDANG DI MASJID AT-TAQWA KODIM 0104/ATIM

Langsa – Anggota Kodim 0104/Atim dan ratusan masyarakat disekitar kompleks Kodim 0104/Atim padati Masjid At-Taqwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *