Satgas TMMD ke-101 Kodim 0110/Abdya gelar penyuluhan kesehatan Lansia

SAVE_20180417_121759Abdya– Kesehatan dan pola hidup Lansia, khususnya yang berada di daerah terisolir, menjadi perhatian khusus TNI Manunggal Membangun Desa ke-101 Kodim 0110/Abdya. Minggu (15/3/2018).

Hal ini diwujudkan dengan digelarnya kegiatan sasaran non fisik berupa penyuluhan kesehatan tentang Lansia, bertempat di Puskesmas Ie Lob Kecamatan Tangan-tangan.

Kepala Puskesmas setempat dr. Musaddik dihadapan Puluhan masyarakat Lansia mengatakan, dengan berjalannya usia maka akan berkurang sistem fungsi dari organ tubuh. Hal ini dapat dihindari dengan menjaga pola makan dan hidup dari individu Lansia itu sendiri.

Dalam hal pola makan dr. Musaddik menyarankan agar Lansia mengutamakan makanan yang mengandung serat dan mengurangi makanan yang berminyak (digoreng). Ia menyebutkan makanan dikukus ataupun direbus sangatlah dianjurkan untuk Lansia.

Selain pola makan, dr. Musaddik juga menyinggung tentang pola hidup warga Lansia. Katanya, istirahat yang cukup dan kurangi pikiran akan dapat mengurangi stres dan penuaan. “Dan yang terpenting, hentikan kebiasaan merokok bagi warga Lansia yang perokok”, himbau dr. Musaddik.

Selanjutnya dr. Musaddik memaparkan secara gamblang materi Lansia dengan modul slide yang mudah difahami dan diterima audiens.

SAVE_20180417_121726Di tempat yang sama, salah satu koordinator non fisik TMMD ke-101 Pelda Bakhtiar pada Media Center mengatakan, penyuluhan tersebut sangat penting dan bermanfaat umumnya untuk warga Lansia setempat dan khususnya untuk pribadi ia sendiri. Pelda Bakhtiar mengakui, kebiasaan merokok dan ngopi serta begadang adalah salah satu kebiasaannya yang belum bisa ia hentikan.

Sementara itu, salah satu warga Daud (56 thn), mengapresiasi penyuluhan yang digelar oleh Satgas TMMD. Menurutnya penyuluhan kesehatan tentang Lansia sangat penting untuk diketahui dan dipedomani oleh masyarakat khususnya yang menginjak Lanjut Usia. “Semoga penyuluhan seperti ini terus berlanjut ke depannya”, ujar Daud. (*Heri)

About Dim 0110/Abdya

Check Also

IMG-20180421-WA0054

Dandim 0110/Abdya berserta Forkompimda sambut kedatangan Ustadz Abdul Somad

Abdya– Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto, S.I.P. berserta jajaran Forkompimda Aceh Barat Daya menyambut …