Babinsa Koramil 02/Kuala Batee bantu petaninya nyiangi gulma

IMG-20180210-WA0012-1Blangpidie, 10 Februari 2018- Minimnya tenaga kerja di sektor pertanian saat ini menjadi salah satu masalah yang menghambat produktifitas pertanian.

Karena dengan kurangnya tenaga kerja di sektor pertanian, secara tidak langsung mengakibatkan mahalnya upah kerja yang harus dibayar oleh petani terutama dalam masa perawatan.

Berangkat dari hal itu, Serda Hendri Winarto anggota Koramil 02/Kuala Batee Kodim 0110/Abdya dalam rutinitas tugasnya sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Lhok Geulumpang, dampingi dan bantu petaninya nyiangi gulma yang tumbuh di sekitar tanaman padi.

Rumput liar (gulma) yang tumbuh di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi yang dapat mengakibatkan tanaman menjadi kurang subur, karena pertumbuhannya tersaingi dan tertutup oleh gulma itu sendiri. Hal ini diungkapkan oleh saudara Irsan (petani/52th) saat istirahatnya.

IMG-20180210-WA0013-1Lebih lanjut ia mengatakan, “Biasanya dalam setiap penyiangan seperti ini, selalu dibantu ramai-ramai oleh saudara dan keluarga, dan kebetulan mereka pun tengah sibuk ada acara di kampung. Beruntung datang Pak Babinsa dan rela turun ke sawah untuk bantu cabutin rumput”.

Di tempat yang sama Serda Hendri Winarto mengungkapkan bahwa kegiatannya tersebut merupakan bagian dari Upsus dirinya dalam melaksanakan pendampingan petani di desa binaannya.

About Media Center

Check Also

ok 1

Kodim 0110/Abdya mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1439 H, Minal Aidzin Walfaidzin