Dandim 0110/Abdya bersama Forkompimda sambut Danlanal Simeulue

DSCN1707Blangpidie, 9 Januari 2018– Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto, S.I.P. bersama Forkompimda sambut kunjungan Danlanal Simeulue Letkol Marinir Idha M Basri, SE. di Pendopo Bupati Abdya, yang beralamat di Jalan Iskandar Muda Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya.

Setibanya di tempat, Danlanal Simeulue Letkol Marinir Idha M Basri, SE. terlebih dahulu menjalani Peusijuk yang dipimpin langsung oleh Wabup Abdya Muslizar MT.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemda Abdya yang telah menghibah tanah seluas 10.000 M. Yang mana rencananya lahan tersebut akan diperuntukkan untuk membangun Lantamal Provinsi Aceh. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan bagi Abdya, karena nantinya Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) Provinsi Aceh akan dibangun di Kabupaten Abdya.  Wacana ini sudah disetujui oleh Gubernur Aceh dan telah disampaikan olehnya kepada Panglima TNI”, papar Letkol Marinir Idha M Basri, SE. dalam sambutannya.

Kemudian Ia menambahkan bahwa, Lanal Semeulu disamping melaksanakan tugas pokoknya menjaga dan mempertahankan keutuhan di laut, juga berperan sebagai pembina potensi Nasional menjadi kekuatan maritim. Salah satunya melalui kegiatan Intelijen AL yang mendata tentang adanya aksi terorisme/kriminalisme di laut, dan membantu kegiatan SAR di laut.

Menanggapi hal tersebut Wabup Abdya Muslizar MT mengapresiasi dengan kehadirannya Pos AL di Abdya. Wabup mengatakan, dengan keberadaan TNI di Abdya telah banyak membantu beban kerja kami. Dalam bidang pertanian, ada Babinsa dari Kodim yang selalu sedia membantu para petani, begitu juga dengan para Nelayan di wilayah pesisir Abdya yang telah terbantu dan terbina oleh Pos AL.

Secara pribadi Ia menyadari, bahwa Pemda Abdya belum maksimal dalam memberikan dukungan terhadap keberadaan Pos AL. Ia mengisaratkan, bahwa dirinya bersama Bupati Akmal  yang selaku Nahkoda baru Pemda Abdya, berkomitmen untuk membantu Semua Sarpas dalam membantu tugas Pokok TNI AL ke depannya.

“Selama ini sinergitas antara TNI (Kodim Abdya dan Pos AL), Polres bersama dengan Pemda telah terjalin dengan baik, dan diharapkan hal ini senantiasa dapat berlanjut terus ke depannya”, tandas Wabup.

DSCN1730Di tempat yang sama Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto, S.I.P. mengimbuhkan, bahwa dengan potensi sumber daya alam laut Provinsi Aceh yang begitu besar adalah sebagai tanggung jawab bersama untuk menjaga dan melestarikannya. Menurutnya tugas tersebut bukan semata tertumpu kepada TNI AL maupun Polairud. “Untuk itu mari kita sama-sama menjaga dan melestarikan bahari Abdya yang kita cintai ini”, tutup Dandim.

DSCN1736Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderanata dan Dokumen Hibah Tanah dari Pemda Abdya yang secara resmi diberikan oleh Wabup Abdya Muslizar MT.

DSCN1755 DSCN1743Usai acara penyerahan dokumen, kemudian rombongan acara bergerak menuju ke Pelabuhan KPLP Kecamatan Susoh, guna pesijuk Kapal Patroli Pos AL Abdya. Selesai peusijuk, dengan kapal tersebut, Dandim, Forkompimda, serta Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan, Sik, Msc., diboyong Letkol Marinir Idha M. Basri, SE. On Board arungi bahari Abdya di radius pulau gosong dan sekitarnya.

About Dim 0110/Abdya

Check Also

DSCN1840

Rutinitas wajib Personel Kodim 0110/Abdya usai laksanakan Apel

Blangpidie, 15 Januari 2018–  Usai pelaksanaan Apel pagi, Personel Makodim 0110/Abdya melaksanakan pembersihan di seputaran …