Dandim 0110/Abdya laksanakan Rakor Ops Ketupat Rencong 2018

IMG-20180605-WA0059Abdya– Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto, S.I.P. melaksanakan Rapat koodinasi Operasi ketupat rencong, bertempat di ruang data Polres Abdya, Selasa (5/6/2018).

Rakor ini digelar dalam rangka menyiapkan pengamanan menjelang hari raya Idul fitri1439 H tahun 2018.

Selain membahas tentang beberapa rencana penyiapan pengamanan, dalam Rakor tersebut juga dilaksanakan Vikon (Video Conference) yang dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bersama dengan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Lain dari itu, juga tampak hadir Dirut Bulog Budi Waseso, Kepala Basarnas Masda M Syaugi, Plt. Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Dirut Jasa Rahardja Budi Raharjo Slamet, dan Ketua KPPU Kurnia Toha.

Dalam Vikon tersebut Kapolri menyebutkan 4 isu penting terkait menjelang hari raya Idul Fitri, yang antara lain Stabilitas Pangan, Arus mudik dan arus balik, Bencana alam, dan yang terakhir Terorisme.

Lanjut dari itu masing-masing Ketua dan Dirut yang disebutkan tadi di atas memberikan paparannya dan masukan terkait persiapan menjelang hari raya Idul Fitri.

Terkait Terorisme Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyampaikan, “Kita meningkatkan kewaspadaan di bulan puasa ini, karena menurut pemahaman kelompok mereka, kegiatan jihad dan syahid yang mereka namakan itu apabila dilaksanakan di bulan puasa mendapat pahala yang berlipat”.

“TNI-POLRI saat ini masih terus memonitoring mereka, baik yang aktif maupun yang tidak aktif lagi”, ungkap Kapolri.

Di akhir penyampaiannya Kapolri mengharapkan kepada pemerintah daerah agar ikut serta dalam memonitoring terorisme salah satunya dengan mengaktifkan kembali FKUB (Forum komunikasi ulama bersatu).

Sementara itu di kesempatan yang sama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menyampaikan, bahwa TNI-POLRI berserta komponen Instansi lainya akan menjamin keselamatan masyarakat Indonesia, agar masyarakat bisa tenang dan damai melakukan aktifitasnya terutama di hari raya Idul Fitri.

TNI-POLRI terus mengantisipasi Kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, mengantipasi tentang aksi terorisme, pengamanan sepanjang jalur mudik dan arus balik (Laut, Darat dan Udara).

Tentang kesiap siagaan penanggulangan kecelakaan dan bencana alam,TNI juga sudah menyiapkan Alutsista berserta Personil untuk siap digerakan kapan saja.

“Mari kita sama-sama ciptakan kondisi yang kondusif, agar perayaan hari raya Idul Fitri bisa berjalan aman dan lancar”, tutup Panglima TNI.

Di penghujung Vikon, Kodam IM melalui Kasdam IM Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin mengatakan, bahwa TNI di wilayah Aceh siap mendukung Polri dalam rangka pelaksanaan tugas pegamananan hari Raya idul Fitri 1439 H thn 2018. Kata Kasdam, seluruh jajaran sudah dipersiapan baik itu dari satuan tempur maupun Banpur, termasuk Sat Kowil yang berada di seluruh wilayah Aceh, agar perayaan hari raya Idul Fitri dapat terlaksana dengan aman dan lancar.

Rakor yang disertai dengan Video Conferensi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh daerah dan berakhir pada pukul 11.30 WIB.

Untuk wilayah Kabupaten Abdya, Rakor dan Vikon ini dihadiri oleh Wabup Abdya Muslizar MT berserta para Kadis terkait, Pasiops Kodim 0110/Abdya Kapten Inf Mohd Arifin, Danpos TNI AL Abdya Letda Laut (K) Hasanuddin, serta Dansub Pos Pom Blangpidie Peltu Masrudin. (*Hery)

About Media Center

Check Also

ok 1

Kodim 0110/Abdya mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1439 H, Minal Aidzin Walfaidzin