Hindari konflik perpecahan desa, Babinsa Pos Ramil 08 berserta Muspika Suak Setia serahkan sengketa tapal batas desa ke pihak Otoritas Abdya

IMG-20171031-WA0026Blangpidie, 1 November 2017–   Babinsa Pos Ramil 08/Setia Kodim 0110/Abdya Serda Faisal Rizal menyertai Muspika Setia hadiri Rapat Penetapan batas desa Kecamatan Suak Setia, yang bertempat di aula kantor Pemda Abdya, Jln. Bukit Hijau, Desa Keude Paya, Blangpidie, Aceh Barat Daya.

Dalam hal ini Babinsa dan unsur Muspika menyerahkan sengketa tapal batas Desa Setia kepada pihak Otoritas guna menghindari hal-yang yang tidak diinginkan yang dapat menimbulkan konflik perpecahan. Yang sebelumnya masalah sengketa tapal batas desa tersebut sudah pernah dimusyawarahkan tingkat bawah, namun tidak mendapatkan titik terang dalam penyelesaiannya.

IMG-20171031-WA0024Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Plh. Asisten I Sekda Kab. Abdya Musnawir, S. Sos, M.Si., dan dihadiri oleh jajaran Keuchik,Todat,Toga dan Tomas Kecamatan Suak Setia.

Musnawir, S. Sos, M.Si. mengatakan, pada dasarnya tapal batas dibagi menjadi 2 bagian. Yakni tapal batas alam dan tapal batas buatan. Ia menjelaskan, Tapal batas alam seperti sungai, danau dan sebagainya. Sementara tapal batas buatan seperti jalan, irigasi. “Yang terpenting dan yang terkuat dari itu semua ialah adanya bukti nota kesepakatan antara pihak-pihak yang terkait”. Tandas Musnawir, S. Sos, M.Si.

IMG-20171031-WA0027“Menindak lanjuti dari permasalahan ini, kami dari Tim Kabupaten akan turun ke lapangan, khususnya Kecamatan Suak Setia untuk mengecek langsung tapal batas antar desa. Nantinya kami selaku Tim akan bekerja secara objektif dan selektif dalam menetapkan tapal batas desa. Dan dalam penetapan tapal batas, kami tidak menghilangkan hak atas tanah penduduk. Tentunya kami selaku Pemerintah Daerah akan merubah data kepemililikan tanah, bilamana dalam penetapan nanti ada hak tanah penduduk yang bergeser”, tutup Musnawir, S. Sos, M.Si.

About Dim 0110/Abdya

Check Also

IMG-20171117-WA0004

Di akhir masa Jabatannya, Dandim 0110/Abdya sempatkan diri santuni korban angin puting beliung

Blangpidie, 17 November 2017–  Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Puji Hartono, S.I.P. di penghujung masa Jabatannya …