Sinergitas Kodim 0110/Abdya dalam penerapan Syariat Islam di wilayah Abdya

$RR6ZGLPBlangpidie, 13 November 2017- Mesjid Agung Desa Seunaloh Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya, kembali menjadi saksi bisu Eksekusi Hukum Cambuk terhadap 4 orang warga Pelanggar Syari’at Islam di Bumi Padi Sigupai.

Acara Eksekusi Cambuk yang telah menyedot perhatian Publik Abdya ini mengusung Tema “Dengan Pelaksanaan Ekseskusi Cambuk Mari Kita Kembalikan Marwah Syariat Islam Secara Kaffah”.

$RV1UNWSSedikitnya 700 orang warga hadir menyaksikan Eksekusi tersebut, yang di dalamnya juga turut hadir unsur Muspida Abdya, mewakili dari Kodim 0110/Abdya Kapten Inf M Latif, Wakapolres Abdya Kompol Jatmiko SH. berserta Kabag Ops AKP Awang Bayu Marantika, para Kepala Rutan Abdya dan Asel, serta Kepala Dinas terkait Kabupaten Abdya dan Tamu undangan lainnya.

Di Indonesia, Penerapan Hukum cambuk seperti ini hanya berlaku khusus di Aceh semata. Karena Aceh adalah Provinsi yang satu-satunya menganut Hukum Syariat Islam. Oleh karena itu Aceh dijuluki dengan sebutan Serambi Mekah.

Bagi Aceh itu sendiri, Dasar pelaksanaan hukuman cambuk merujuk pada Pergub Aceh Nomor 10 Tahun 2005, tentang Petunjuk Teknis dan Tata Cara Pelaksanaan Hukuman Cambuk. Yang mana pelaksanaan Eksekusi cambuk ini bukan serta merta langsung pencambukan tetapi melalui proses tahap demi tahap.

Adapun prosesi Eksekusi tersebut diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, Laporan dari Kadis Syariat Islam tentang Pasal dan keterangan Kesehatan dari Tim Medis.

$RMTV8YZSambutan Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH. melalui teks amanatnya yang dibacakan oleh Sekda Kab Abdya Drs. Thamrin menyampaikan, Pelaksanaan hukuman cambuk merupakan Implementasi terhadap pelanggaran Syariat Islam umumnya di Provinsi Aceh dan khususnya di Kabupaten Abdya.

Lebih lanjut Masih dalam teks amanatnya Bupati mengatakan, Dengan adanya hukuman cambuk di Kabupaten Abdya merupakan suatu cerminan akan lemahnya Iman si pelanggar. Dan tentunya kita berharap Eksekusi kali ini adalah yang terakhir kali dengan kata lain tidak ada lagi tindakan maupun perbuatan yang melanggar dengan kaidah Syariat Islam.

“Diharapkan dengan Eksekusi cambuk ini akan memberi efek jera bagi pelaku dan pengingat bagi kita semua agar tidak melakukan pelanggaran yang menantang Syariat Islam”, pungkas Bupati.

About Dim 0110/Abdya

Check Also

IMG_5122

Serah Terima Jabatan Ketua Persit KCK Cab. XXXII Dim 0110 Abdya

Blangpidie, 22 November 2017– Seiring telah berakhirnya masa tugas Letkol Inf Puji Hartono, S.I.P. sebagai …