Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Gayo Lues

Blangkejeren. Upacara peringatan hari Pahlawan 10 November 2017 yang dilaksanakan oleh seluruh Insatansi dan jawatan Kabupaten Gayo Lues tertib berjalan dengan hikmat, Upacara ini dilaksanakan dilapangan Setkab Gayo Lues, Jumat (10/11/17).

Upacara peringatan Hari Pahlawan kali ini mengusung tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” di mana mempunyai maksud bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya kita harus bersatu terlebih daluhu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil dan makmur.

Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani selaku inspiktur upacara membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa, dimana dalam amanatnya mengatakan bahwa sejarah perjalanan bangsa dan negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan perjuangan panjang. NKRI tidak akan berdiri tanpa perjuangan para pejuang dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya.

Komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa agar berani melawan penjajah dan ketertindasan akibat kolonialisme dan imperialisme.

Sikap kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan dan  pengorbanan yang penuh militansi. Sikap kesetiakawanan sosial adalah perwujudan dari kepekaan sosial atau batin yang harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk indonesia pada masa kini dan mendatang.

Diharapkan dalam peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 ini dapat menjadikan inspirasi bagi generasi penerus, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di dada setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan sepanjang masa.

Selain personel Kodim 0113/Gayo Lues juga tampak hadir Kepala Staf Kodim Mayor Inf Iman Sukoco, S.Ag beserta perwira lainnya. Seluruh SKP Gayo Lues, Polres dan Komponen Masyarakat. Bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Arh I Wayan Ardibawa Danramil 06/Tripe Jaya.

About admin

BERBUAT YANG TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Check Also

Pangdam IM Beri Penghargaan Kepada Group Saman Bambu Runcing

Blangkejeren. Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI M. Fachrudin, S.Sos memberikan penghargaan kepada Group tari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *