Musik Etnik Ikut Ramaikan Festival Tari Saman di Galus

BLANGKEJEREN – Musik Etnik (Khas) yang dimainkan putra putri Gayo Lues (Galus), ikut meramaikan dan menghibur penonton dan para peserta festival tari saman yang digelar Kodim setempat, dalam rangka memperingati HUT Kodam Iskandar Muda ke 61, di Gedung Bale Musara Blangkejeren, Sabtu (9/12/2017).

Bahkan penampilan ketiga grup music etnik Gayo Lues, yakni, grup Senin Fajar, Tycon dan Kemuning Gayo, sempat membuat gedung pertunjukan diriuhkan dengan tepuk tangan penonton dan peserta. “Saya belum pernah melihat penampilan grup musik etnik ini, ternyata penampilan mereka sangat luar biasa,” ungkap salah satu penonton.

Sementara itu, Kasdim Mayor Inf Iman Sukuco,S.Ag yang juga selaku Ketua Panitia, dalam laporannya menyampaikan, peserta festival tari saman ini, berasal dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten julukan Negeri Seribu Bukit ini.

 “Festival ini diikuti 13 grup tari saman, diantaranya, Louser Mentalu Kecamatan Blangjerango, Rikit Jaya Kecamatan Rikit Gaib, Bujang Serbang Kecamatan Blangkejeren, Selendang Kecamatan Kutapanjang, Telege Gayo Kecamatan Blangkejeren, Harimau Pining Kecamatan Pining, Ketemi Gayo Kecamatan Blangpegayon, Bujang Sepeden Kecamatan Tripe Jaya, Bujang Juere Kecamatan Terangun, Arrem Indah Kecamatan Pantan Cuaca, Sanggar Rajawali Kecamatan Dabun Gelang, Burak Terbang Kecamatan Dabun Gelang serta Uluh Rebung Kecamatan Puteri Betung,” sampai Kasdim Galus ini.

Dandim 0113 Gayo Lues, Letkol Inf Muhammad Faizal Nasution, S.IP yang secara resmi membuka festival tari saman ini mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mempererat hubungan TNI dengan rakyat, sesuai dengan tema peringatan HUT Kodam Iskandar Muda ke 61, “Bersama Rakyat, Kodam Iskandar Muda Kuat”.

Pun demikian katanya, karena tari saman sudah menjadi salah satu Icon Gayo Lues, dan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda, maka sebagai bentuk tanggung jawab melestarikan seni asli kabupaten julukan Negeri Seribu Bukit ini, pihaknya menggelar festival ini. “Kami prajurit yang bertugas di Gayo Lues ini, juga merasa memiliki tanggung jawab untuk berperan dalam melestarikan tari saman yang dikenal dengan sebutan seribu tangan ini,” tandas Dandim, sembari mengucapkan selamat berlomba.

About admin

BERBUAT YANG TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Check Also

Babinsa Koramil 01/Terangun Bantu Angkut Padi Hasil Panen Petani

Gayo Lues. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Terangun Kodim 0113/Gayo Lues Sertu Yarlis dan Kopda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *