Kodim 0113/Galus Tanam Perdana di Lahan Baru

Blangkejeren,- Demi meningkatkan ketahanan pangan Nasional, Komandan Kodim 0113/Gayo Lues Letnan Kolonel Inf Muhammad Faizal Nasution, S.IP, Dinas Pertanian Gayo Lues serta PPL kecamatan Blangkejeren melakukan penanaman perdana padi di areal Demplot sawah Kodim 0113/Galus seluas 1 Hektar di dusun Arul Lemu Kota Blangkejeren, Sabtu (26/05/08).

Dandim menjelaskan, demplot sawah Kodim ini awalnya adalah kolam ikan yang tidak berproduksi dengan baik, untuk itu dari pada tidak menghasilkan lebih baik kita coba untuk lahan sawah percontohan bagi masyarakat. Lahan ini dikerjakan oleh personel Kodim sendiri dengan menggunakan brigade alsintan yang kita miliki. Dan pada hari ini semuanya lahan sudah selesai tinggal tanam saja.

Lanjut Dandim, demplot sawah ini juga kita menggunakan pupuk cair bios 44 sebagai contoh kepada petani yang lain nantinya. Pupuk bios cair 44 sendiri sudah kita coba di berbagai tempat dan hasilnya ada perbedaan yang signifikan dari kualitas dan berat padi. Sedangkan untuk bibit kita gunakan jenis Intani dari Surabaya.

Penanaman padi ini juga selain merupakan Program Ketahanan pangan juga merupakan sebagai bentuk dukungan TNI terhadap pemerintah Pusat untuk mencapai swasembada pangan. Untuk itu, pihaknya berharap agar program ini dapat mencapai hasil yang maksimal,” harap Dandim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues melalui Kabid tanaman pangan Syaiful Azhar mengatakan, pihaknya sangat mendukung kerjasama program penanaman yang dilaksanakan. Menurutnya, cara yang efektif dalam memberdayakan masyarakat petani adalah dengan cara mendorong masyarakat untuk menyadari sektor pertanian adalah sektor yang paling vital bagi masyarakat.

“Saya sangat mendukung program ini, dan dengan adanya bantuan tenaga dari pihak TNI-AD khususnya Babinsa, diharapkan Program ini dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

About admin

BERBUAT YANG TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Check Also

Koramil 04/Kuta Panjang Gelar Gotroy Jumat Bersih

Blangkejeren.Masyarakat Kampung Tampeng Kecamatan kutapanjang Kabupaten Gayo Lues bersama TNI anggota Pos Ramil Kutapanjang, Kodim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *