Selamat Datang Bapak TNI di Desa Tampeng

Blangkejeren. Cuaca pagi tadi agak sedikit mendung, hembusan angin menambah kesejukan dataran tinggi Gayo Lues. Untuk menghindari hembusan angin yang terasa dingin, banyak orang terlihat berbondong-bondong untuk mencari tempat bersandar di dinding gedung sekolah.

Namun tidak bagi peserta upacara yang sudah sejak pagi berkumpul di Lapangan SMP 1 Kuta Panjang Desa Tampeng Kecamatan Kuta Panjang, Gayo Lues. Mereka tetap berdiri kokoh menunggu sang komandan memberikan perintah.

Sekitar pukul 09.30 WIB upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Tahun 2018 dimulai, para peserta upacara dari unsur TNI/Polri, Damkar, Linmas dan mahasiswa, serta perwakilan dari berbagai elemen masyarakat sudah terlihat berbaris sangat rapih.

Sedangkan dibarisan kursi kerhormatan terlihat Bupati Gayo Lues H. M. Amru, Dandim 0113/Gayo Lues Letkol Inf Muhammad Faizal Nasution, S.I.P serta unsur Forkopimda Gayo Lues lainnya. Tampak hadir juga Kepala Dinas badan Kantor. 

Upacara dilaksanakan setelah sebelumnya dilaksanakan penyambutan Forkopimda oleh kesenian Didong Alo khas Gayo Lues yang berasal dari desa Tampeng Kecamatan Kuta Panjang. Mereka disambut meriah dengan disaksikan ratusan masyarakat yang sejak pagi berbondong-bondong mendatangi Lapangan Upacara.

“Ara petinggi geh (ada petinggi datang) dalam  bahasa Gayo. Engon ko nye (lihat tu),” kata salah seorang warga Desa Tampeng Ibrahim saat ditemui disela-sela upacara pembukaan TMMD ke-102 Tahun 2018, Selasa (10/7/2018).

Ibrahim bersama warga lainnya terlihat serius menyaksikan upacara pembukaan TMMD disalah satu tenda. “Ada banyak pertunjukan hiburan.,’ katanya.

Memang setelah upacara pembukaan TMMD ke-102 Tahun 2018 usai dan laporan kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan selama 30 hari itu dibacakan oleh Kasdim 0113/Gayo Lues Mayor Inf Iman Sukoco,S.Ag itu selesai dibacakan, kegiatan dilanjutkan dengan menampilkan berbagai hiburan.

Sejumlah pertunjukan yang membuat masyarakat serta para tamu udangan yang hadir terpukau diantaranya tari saman, bines, asmaul husna, dabus dan tak kalah menarik pertunjukan Kuda Lumping yang di mainkan oleh perkumpulan suku jawa yang tinggal di Gayo Lues.

“Iya, kita ucapkan selamat datang bapak TNI di desa kami,” kata warga Desa Tampeng lainnya Ahmad.

Sambil menikmati pertunjukan hiburan dipinggir lapangan ada berdiri tenda tenda kegiatan lainnya diantaranya pengobatan gratis, sunat massal gratis yang berkerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Gayo Lues, donor darah, bazar pasar murah serta keterampilan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVI Dim 0113. 

Bupati Gayo Lues H.M. Amru   yang membuka upacara kegiatan TMMD ke-102 Tahun 2018 yang bertemakan “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial” mengatakan kegiatan TMMD ini selalu menunjukan hasil yang sangat memuaskan dari tahun ke tahun.

“Salah satunya dari pembangunan prasarana/sarana fisik dan non fisik, juga mendorong perkembangan desa secara umum,” ucap Amru.

Karena itu, Pemkab Gayo Lues sangat mendukung kegiatan TMMD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat membangkitkan motivasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran warga, dalam rangka memanfaatkan berbagai potensi dan sumberdaya yang dimiliki.

“Kita berharap, sarana prasarana yang telah dibangun TNI melalui kegiatan TMMD ini terus dijaga, terus dipelihara, sehingga dapat dinikmati masyarakat dalam jangka waktu lama,” dan saya berpesan kepada masyarakat kampung Tampeng jadikan TNI yang ada selama 30 hari di desa ini sebagai serinen (saudara) tutupnya.

About admin

BERBUAT YANG TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Check Also

TMMD ke 102 Aksi Peduli Lingkungan Melalui Penghijauan

Blangkejeren:  Satgas (satuan tugas) TMMD ke- 102 Kodim 0113/Gayo Lues bekerjasama dengan Dinas Kehutanan galakan  peduli …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *