Kodim 0115 Simeulue Bangun Jalan Mudahkan Akses Warga

Komandan Kodim 0115 Simeulue, Letkol Inf Marwan Supriyanto mengatakan, pembangunan jalan itu merupakan bagian dari program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD). Untuk tahun ini Kodim 0115 Simeulue akan kembali menggalakkan program itu dengan memulai dengan pekerjaan membuka akses jalan baru untuk membantu  memudahkan aktivitas warga.

Sebelumnya masyarakat disana yang hendak ke kebun atu pun ke sawah harus melalui jalur laut dengan menggunakan perahu dengan waktu tempuh selama 1.5 jam dengan resiko perjalanan berbahaya dan mengancam keselamatan.

“TMMD tahun ini diawali dengan membuka akses jalan baru sepanjang 3.600 meter. Dari hasil survei bersama masyarakat, bahwa jalan baru itu nantinya akan mempersingkat waktu tempuh warga menuju ke tempat aktivitasnya ke sawah dan ke kebun dengan waktu mencapai 15 menit, dari yang sebelumnya waktu tempuh bisa dilalui sekitar 1.5 jam,” kata Dandim 0115 Simeulue, Letkol Inf Marwan Supriyanto saat konferensi pers di Kota Sinabang, Minggu (18/09/16).

Untuk menunjang pelaksanaannya Kodim 0115 Simeulue telah menurunkan sejumlah alat berat dengan ikut melibatkan 150 prajurit dari Batalyon Yonif 115 Macan Leuser, Yonif Zipur, TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Laut, Polisi dan masyarakat setempat.

TMDD adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan. Terutama khususnya bagi daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Program TMDD telah dilaksanakan sejak tahun 1980 di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk menunjang keberhasilan pembangunan nasional.

Rencananya di Kabupaten Simeulue, program TMDD tahun 2016 ini secara resmi akan dibuka dan dilaksanakan pada Selasa 20 September 2016. Dalam acara peresmian tersebut rencanaya akan ikut dihadiri Kepala Staf Korem 012/Teuku Umar, Letkol Inf Puguh Suwito, dan sejumlah Komandan Kodim di beberapa wilayah seperti Sabang, Aceh Barat, Singkil, Abdya dan Nagan Raya.

About master

Check Also

img-20160918-wa0040_copy

Bupati Simeulue Membuka Kegiatan TMMD Reg.97 Kodim 0115 Simeulue TA. 2016 Di Labuhan Bhakti

Bupati Simeulue (Drs. H. Riswan. NS) selaku Inspektur Upacara Pembukaan TMMD secara resmi membuka acara …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *