Kodim 0116/Nara Gelar Komunikasi Sosial Dengan Keluarga Besar TNI

Nagan Raya, Kodim 0116/Nagan Raya menggelar Komsos dengan Keluarga Besar TNI (KBT) TA. 2018 dengan tema kegiatan “Melalui silahturahmi dengan keluarga besar TNI, kita tingkatkan pemahaman tentang pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika untuk berpartisipasi dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI” bertempat di Makodim 0116/Nagan Raya, Komplek Perkantoran Suka Makmue, Nagan Raya, Rabu, 14/03.

Kegiatan ini dibuka oleh Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Kav Mochamad Wahyudi, S.I.P, M.Tr (Han) yang dihadiri Asisten 1 Pemkab Nagan Raya, Anggota FKPPI, Perwira Staf Kodim 0116/Nara, Para Danramil dan Dan Pos Ramil jajaran Kodim 0116/Nara, Para keluarga TNI dan Veteran dalam Kabupaten Nagan Raya.

Dalam Sambutan dan arahan Dandim 0116/Nara menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis diantara kita, sehingga dapat diperoleh kesamaan pandang dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi untuk terpelihara keharmonisan dan sinergitas.

Ia juga menyatakan, kebersamaan seperti ini, perlu ditumbuh suburkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang sangat di perlukan guna menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Apalagi sistem pertahanan Indonesia yang menganut sistem pertahanan semesta dengan menempatkan seluruh komponen bangsa sebagai komponen pendukung dan komponen cadangan dimana TNI sebagai kekuatan utamanya,”jelas Dandim.

Di hadapan KBT Dandim juga menjelaskan tentang tugas pokok TNI, bahwa dalam undang-undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dinyatakan bahwa TNI berperan sebagai alat negara dibidang pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara. Peran tersebut dilaksanakan melalui tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Dalam operasionalnya dilaksanakan dengan operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang, diantara tugas TNI dalam operasi selain perang adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya yang dilaksanakan secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta,” terangnya.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0116/Nagan Raya, Kapten Arm Ainu Rokhman sebagai pemandu acara tanya jawab menyebutkan, Komsos yang diselenggarakan ini begitu dinantikan oleh para peserta Komsos. Hal tersebut terbukti dari peserta begitu antusias mengikuti jalannya acara serta banyak dari peserta yang mengajukan saran maupun pertanyaan pada saat acara sesi tanya jawab berlangsung.