Babinsa Operasionalkan Mesin Perontok Padi Modern

Nagan Raya, Babinsa Koramil 08/Kuala mengoperasionalkan mesin perontok padi modern type ISEKI HC80P Combine Harvester saat melaksanakan panen perdana di desa Ujung Fatihah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Selasa (20/3/18).

ISEKI HC80P Combine Harvester adalah alat pemanen padi yang dapat memotong bulir tanaman yang berdiri, merontokkan dan membersihkan gabah sambil berjalan dilapangan. Dengan demikian waktu pemanen lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia (manual) serta tidak membutuhkan jumlah tenaga kerja manusia yang besar seperti pada pemanenan tradisional. Penggunaan alat ini memerlukan investasi yang besar dan tenaga terlatih yang dapat mengoprasikan alat ini.

Sertu Sugeng Babinsa Koramil 08/Kuala mengatakan dengan menggunakan teknologi baru ini yakni menggunakan Mesin Perontok padi jenis SEKI HC80P Combine Harvester. Disamping efisien dengan menggunakan mesin ini, panen jadi lebih cepat dan beras langsung bisa dimasukkan ke karung. Selain itu waktu dan tenaga lebih efisien.

Sugeng mengatakan, penggunaan combine harvester yang bisa dioperasikan hanya 1-2 orang sangat membantu petani, karena memangkas waktu masa panen dan menghemat jumlah tenaga kerja. Bila panen sudah selesai, petani bisa kembali menyiapkan masa tanam berikutnya sehingga produksi padi meningkat.

” Luas padi 1 hektar dengan menggunakan alat ini hanya memakan waktu 3 jam saja jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan arit dan sabit”, pungkas Sugeng.