Jumat Bersih, Babinsa Suka Makmue Bersihkan Pematang Sawah

Nagan Raya,Sejumlah Babinsa Posramil Suka Makmue bersama petani  melakukan pembersihan pematang sawah di desa Suak Bilie, Kecamatan Suka Makmue Nagan Raya, Jum’at (4/5/18).

Pada kegiatan pendampingan ini di fokuskan pada pembersihan rumput di pematang sawah yang sudah mulai menutupi jalan disepanjang lahan milik petani.

Serma Sutrisno menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka jumat bersih, kali ini difokuskan ke pembersihan pematang sawah dan jalan yang menuju ke persawahan milik petani

Lebih lanjut Serma Sutrisni mengatakan gulma atau hama rumput adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah.

Di samping itu, kata dia, ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian yang akan didapat termasuk akibat peledakan hama dan penyakit.

“Pengendalian gulma padi sawah umumnya sudah dilakukan para Babinsa dan petani baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi seperti herbisida atau penyemprotan dengan racun gulma tanaman liar, dengan kegiatan ini, tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen akan maksimal,” kata Sutrisno

Kegiatan seperti ini sangat di sambut baik oleh para petani, hal ini terlihat dari antusias petani bersama anggota Babinsa dalam pembersihan rumput yang ada di sepanjang pematang sawah terlihat sangat semangat walupun panas matahari yang sangat menyengat badan.