Latihan Posko 1 Kodim 0116/Nagan Raya Tahun 2018 Resmi Ditutup

Nagan Raya, Latihan Posko 1 Penanggulangan Bencana Alam yang digelar Kodim 0116/Nagan Raya resmi ditutup, Rabu, 06/06

Latihan tersebut digelar selama tiga hari dimulai pada tanggal 4 – 6 Juni di Makodim. Penutupan Latihan Posko 1 Penanggulangan Bencana Alam dilakukan oleh pejabat Danrem 012/TU dijabat oleh Dandim 0105/Aceh Barat, Letkol Kav. Nurul Dyanto.

Komandan Kodim (Dandim) 0116/Nagan Raya, Letkol Inf Adhe Hansen mengatakan, latihan tersebut dikuti oleh semua jajaran Kodim. Dengan latihan tersebut diharapkan koordinasi antara pimpinan dan staf bisa berjalan baik. Selain itu, juga meliputi koordinasi dengan instansi lain yang terkait seperti polisi, BPBD, dan lainnya.

“Dengan latihan ini diharapkan setiap anggota memiliki pemahaman yang sama tentang standar operasional prosedur penanggulangan bencana alam khususnya banjir di Kabupaten Nagan Raya,” jelas Dandim.

Dandim juga mengatakan, latihan tersebut diikuti seluruh anggota Kodim, baik pimpinan maupun staf. Bahkan, Dandim mengaku dirinya pun ikut dinilai oleh tim dari Korem. Latihan dimaksudkan untuk meningkatkan skill setiap anggota dalam penanganan bencana alam dan pasca bencana.

Sebelumnya, Latihan Posko 1 Penanggulangan Bencana Alam tersebut dibuka oleh Dandim 0105, Letkol, Kav. Nurul Dyanto selaku pejabat Danrem 012/TU. Dalam kesempatan itu, Danrem menegaskan Latihan Posko I Kodim 0116/Nagan Raya merupakan program kerja Korem 012/Teuku Umar khususnya dibidang latihan guna menguji kinerja dan kemampuan komandan dan staf dalam menjalankan tugas pokok melalui mekanisme prosedur hubungan komandan dan staf.

“Latihan juga untuk menguji kemampuan dalam menjalankan koordinasi di tingkat Kodim, termasuk didalamnya unsur Pemerintah Daerah dan Polri serta instansi terkait dalam wadah BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dengan tujuan meningkatkan kemampuan dibidang pengawasan dan pengendalian dalam mengantisipasi berbagai dinamika dan permasalahan bencana alam di wilayah Kanupaten Nagan Raya,” paparnya.

About admin

Check Also

Hindari Kebakaran Hutan,Posramil Tadu Raya Pasang Spanduk Larangan Membakar Hutan & Lahan

Nagan Raya, Maraknya pembakaran hutan yang terjadi di wilayah Barat Selatan Aceh yang dilakukan oleh …