Trik Babinsa Dekat Dengan Warga

Nagan Raya. TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) adalah salah satu wujud kepedulian dan program tahunan yg di lakukan TNI, selain membantu pemerintah daerah membangun infrastruktur di daerah pedalaman, TMMD juga sebagai salah satu cara yang tepat untuk mendekatkan diri (anggota TNI) pada masyarakat.

Komsos (Komunikasi Sosial) salah satu metode yang diterapkan TNI untuk merangkul setiap lapisan masyarakat, bukan hanya yang tinggal di perkotaan namun masyarakat yang berdomisili dipelosok NKRI dengan mengandalkan BABINSA (Bintara Pembina Desa) sebagai ujung tombak satuan Teritorial.

Berbagai cara dilakukan oleh Babinsa untuk merangkul masyarakat di desa binaannya, Serka Usman salah satu babinsa yang berdinas di Kodim 0116/Nara memiliki cara tersendiri untuk merangkul masyarat desa binaannya.

“Selain menjalin komunikasi dengan tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh Adat dan tokoh pemuda, saya juga sering bermain dengan anak-anak kecil di desa binaan saya, anak-anak yang masih polos mudah untuk kita ajak berkomunikasi dan bermain, disela bermain saya perlahan menanamkan rasa patriotisme kan kecintaan kepada NKRI dan tentunya dengan bahasa yag mudah untuk meraka pahami, bila itu kita lakukan secara rutin saya yakin bisa menangkal faham radikalisme yang mengancam generasi muda kita” jelas Serka Usman optimis.

Metode pendekatan pada anak-anak adalah salah satu cara yg di gunakan para babinsa sebagai ujung tombak terdepan satuan teritorial dan pastinya masih bnyak metode serta cara yang di gunakan para Babinsa, oleh karena itu patut kita acungi jepol untuk para babinsa.(Media Center Nara)

About admin

Check Also

TMMD : Keakraban Tidak Hanya Di lapangan Tapi Saat Makan Bersama

Nagan Raya, Keakraban personel TNI dengan warga semakin terlihat erat ini dibuktikan Dansatgas TMMD 102 …