Babinsa Koramil 02/Singkil Monitoring Stabilisasi Pemasaran Ikan di Wilayah

4 asingSINGKIL. Babinsa Koramil 02/Singkil Kodim 0109/Singkil Kopda Supardi menyambangi pasar ikan tradisional di desa Pasar Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil  dalam rangka monitoring harga sembako khususnya harga ikan segar di pasar, Kamis (12/7/2018)

Dalam pemantauannya Kopda Supardi melakukan penyisiran terhadap para pedagang ikan. Memantau pergerakan harga kebutuhan pokok diantaranya melakukan komunikasi dengan sejumlah pedagang ikan laut segar hasil tangkapan nelayan lokal.

Babinsa Kopda Supardi mengatakan” harga ikan laut di pasar tradisional diwilayah Kecamatan Singkil relatif stabil yaitu berkisar antara 25 ribu sampai dengan 35 ribu perkilo, hal tersebut disebabkan jumlah tangkapan nelayan yang cukup melimpah.” tuturnya.

Sementara perwakilan pedagang ikan Rusdi menyampaikan” bahwa tinggi rendahnya harga ikan dipasar tradisional tergantung pada jumlah tangkapan nelayan lokal serta kondisi cuaca yang sangat berpengaruh, saat ini harga relatif masih normal.” ucap nya.

Tapi kalau cuaca sedang buruk dan hasil tangkapan juga sedikit maka harga ikan di pasar akan naik juga.Kita juga mengambil untung tidak banyak pak karena hukum dagang memang demikian, kalau permintaan banyak dan barang sedikit maka harga juga naik, tapi kalau barang banyak dan permintaan sedikit maka harga akan turun ungkapnya.

Babinsa juga menyampaikan agar para pedagang jangan memanfaatkan situasi dan membuat harga dengan inisiatif sendiri karena akan merugikan konsumen terutama masyarakat yang kurang mampu.
Kita jangan hanya memikirkan diri kita sendiri tapi orang lain juga harus kita perhatikan dan jangan ada pedagang yang jadi spekulan dan menimbun barang untuk mencari keuntungan pribadi ungkapnya.

About admin

Check Also

1h

Rekrut Calon Prajurit TNI AD Babinsa semarak Kampanyekan Sosialisasi Reporter Kodim 0118/Subulussalam

Subulussalam – Para Babinsa Koramil 03/Longkip Kodim 0118/Subulussalam sebagai aparat Teritorial Kewilayahan dalam kegiatan keseharian …