Upacara Lahirnya Pancasila Di Pimpin Langsung Oleh Danyon

Raider Khusus 111 Upacara Hari Pancasila Brigif 25 Siwah Kodam Iskandar Muda TNI AD website 1Tualang Cut-Aceh Tamiang, Danyonif Raider Khusus 111 Letkol Inf Guruh Tjahyono S.I.P M.I.POL memimpin langsung sekaligus sebagai inspektur upacara pada peringatan hari lahirnya Pancasila ke-73 tahun 2018, yang jatuh pada tanggal 1 Juni, upacara tersebut berlangsung di lapangan hijau Mayonif Raider Khusus 111.Jum’at(1/5).

Danyon yang membacakan amanat tertulis Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo  menyampaikan antara lain, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, sebentar lagi kita akan merayakan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

Hadir dalam kegiatan upacara tersebut antara lain perwira staf, pejabat koamdan kompi, serta prajurit Raider Khusus 111 lainnya.#topan06.Raider Khusus 111 Upacara Hari Pancasila Brigif 25 Siwah Kodam Iskandar Muda TNI AD website 2

About admin

Check Also

Raider Khusus 111 Upacara Tradisi Pindah Satuan Brigif 25 Siwah Kodam Iskandar Muda TNI AD website 4

Danyonif Raider Khusus 111 Memimpin Upacara Tradisi Pindah Satuan

Tualang Cut-Aceh Tamiang, Bertempat di lapangan hitam Mayonif Raider Khusus 111, padi ini Danyonif Raider …