Batalyon Infanteri Raider 112/Dharma Jaya: Cepat,Senyap, Tepat

ACEH BESAR, Batalyon InfanteriRaider 112/DJ merupakan Satuan Batalyon Pemukul Kodam IM yang berada langsung dibawah kendali Panglima Kodam Iskandar Muda. Batalyon ini merupakan satuan dengan kualifikasi Raider yang memiliki kemampuan khusus dan dapat melaksanakan tugas khusus pula sepertihalnya penanggulangan teroris, siap digerakankapan saja dan dimana saja baik dalam hubungan satuan setingkat Batalyon hingga unit-unit terkecil demi kelancaran tugas pokok TNI khususnya Kodam Iskandarmuda.

Batalyon ini diresmikan tepatnya pada tanggal 1 Juli 1954 dengan nama BatalyonInfanteri 112/Dharma Jaya yang juga merupakan Batalyon Pemukul Kodam, Markas Batalyon berkedudukan di jalan Japakeh Mataie,Kec. Darul Imarah- Aceh Besar. Dan sesuai denganPeraturan Kepala Staf Angkatan Darat tentang Perubahan Kualifikasi Yonif 112/Dharma Jaya dari Yonif Diperkuat menjadi Yonif Raider Kodam Iskandar Muda pada tanggal 01 Agustus 2011 dan resmi menggunakan Tunggul RAIDER “Cepat Senyap Tepat”.

Batalyon Infanteri Raider 112/ Dharma Jaya dipimpin oleh LetnanKolonel Inf Fajar Tri Yulianto, S.Sos sebagai Komandan Batalyon dengan membawahi 5 Kompi yang terdiri 3 Kompi Senapan, 1 Kompi Bantuan dan 1 Kompi Markas. Dalam perjalanannya Yonif Raider 112/DJ telah melaksanakan berbagai penugasan Operasi baik Operasi Tempur maupunOperasi Teritorial/Operasi Bhakti dengan prestasi yang membanggakan.

Selain itu juga telah mengukir prestasi di Bidang Olah Raga Militer, baik Tingkat Kodam Iskandar Muda maupun Tingkat Angkatan Darat serta erbagai cabang olah raga umum baik TingkatNasional maupun Internasional yaitu dengan menyabet medali Emas dua kali berturut-turut dalam Kejuaraan Dunia Bela Diri Yong Moodo tahun 2011 dan2012 di Korea Selatan yang mengharumkan Propinsi Aceh, Kodam Iskandar Muda, Angkatan Darat, TNI dan Bangsa Indonesia dikancah Dunia.

Dan meraih medali emas pada Kejuaraan Bela Diri Yong MoodoPiala Kasad tahun 2012 dan 2014, medali emas pada Kejuaraan Bela Diri Yong Moodo Piala Danpaspamprestahun 2014.

About master

Check Also

http://kodamim-tniad.mil.id/2017/10/04/upacara-tradisi-kenaikan-pangkat-yonif-raider-112dj/

UPACARA TRADISI KENAIKAN PANGKAT YONIF RAIDER 112/DJ Penulis:pratu sumantri Aceh Besar – Acara  korp raport …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *