Kasad Lihat Pasukan Tempur di Aceh

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono dijadwalkan mulai besok, Selasa (2/8) akan melihat dari dekat sejumlah pasukan tempur di sejumlah batalyon yang dimiliki Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kodam IM).

“Kunjungan kerja Kasad ke Aceh dijadwalkan berlangsung sela­ma empat hari, mulai 2 hingga 5 Agustus 2016,” jelas Kapendam IM, Kolonel Inf Machfud saat dikonfir­masi Analisa, Minggu (31/7).

Dikatakan, markas militer yang dikunjungi adalah Batalyon Infantri (Yonif) 116/Garda Samudera (DG) yang terletak di Alue Penyaring, Meulaboh, Aceh Barat. Kemudian Yonif 116/GS, yang merupakan Batal­yon Infanteri di bawah kendali Kodam Iskandar Muda. Yonif ini diresmikan pembentukannya pada 6 Desember 2004 di Balai Teuku Umar, Kodam Iskandar Muda oleh KSAD, Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu.

Selain itu, Zeni Tempur (Yonzipur) 16/DA. Batalyon Zeni Tempur 16/Dhika Anoraga merupakan Satuan Ban­tuan Tempur (Satbanpur) yang ber­kedudukan langsung di bawah Kodam Iskandar Muda.

Sebelumnya satuan ini bernama Detasemen Zeni Tempur 1/Dhika Ano­raga (Denzipur 1/DA) yang dikem­bangkan kekuatannya menjadi batalyon saat Pangdam IM dijabat Mayjen TNI Supiadin AS, dengan markas terletak di Indrapuri, Aceh besar.

Di Aceh Besar, selain Yonzipur 16/DA, Kasad juga akan berkunjung ke Batalyon Kavaleri (Yonkav) 11/Serbu yang terletak di Jantho. Yonkav 11/Serbu yang dibentuk pada 16 Mei 2005.

Dari Aceh Besar, Kasad akan melihat Batalyon Infantri (Yonif) 113/Jaya Sakti (JS) di Kabupaten Bireuen. Yonif 113/Jaya Sakti adalah Batalyon Korem 011/Lilawangsa. Yonif 113/Jaya Sakti terbentuk di Langsa pada 1 September 1946 dengan nama Yonif IX Divisi Gajah-1/Aceh.

Batalyon ini terdiri atas beberapa kompi dengan dislokasi satuan adalah Kompi Senapan A di Aceh Besar, Kompi Senapan B di Pidie Jaya, Kompi Senapan C di Pidie, Kompi Senapan D di Pandrah, Bireuen, Kompi Senapan E di Mane, Pidie.

Dari Bireuen KASAD menuju Lhok­seumawe guna melihat Markas Brigif Kodam IM dan dilanjutkan ke Yonif 114/SM (Satria Musara). Batal­yon Infanteri 114/Satria Musara adalah sebuah batalyon infanteri yang berada di bawah komando Korem 011/Lilawangsa. Yonif ini dibentuk bersa­maan dengan Yonif 115/Macan Leuser dan Yonif 116/Garda Samudera.

Yonif 114/Satria Musara bermar­kas di Rembele, Kabupaten Bener Meriah, memiliki 5 kompi senapan yang tersebar di wilayah Aceh Teng­gara, Gayo Lues, Bener Meriah, dan Aceh Tengah. Batalyon ini dilahirkan sebagai satuan tempur terbaik di wilayah Kodam Iskandar Muda. “KSAD juga dijadwalkan mengun­jungi personel Satgas Pamtas Pulau Terluar Indonesia di Pulau Rondo, Sabang.

Guna mempersiapkan kunjungan kerja (kunker) KSAD ini, Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI L Rudy Polandi mengunjungi Markas Batal­yon Infanteri 116/GS di Kompleks Alue Penyaring, Meulaboh, Aceh Barat dan sejumlah batalyon lain yang dikunjungi pada Jumat-Sabtu (29-30/7).

Dalam kunjungannya ke Yonif GS, Pangdam menerima paparan Dan­yonif 116/GS menyangkut kesiapan satuan menyambut kedatangan Ka­sad, baik itu kekuatan personel mau­pun materil serta berkeliling melihat kondisi pangkalan perkantoran, perumahan maupun sarana dan prasa­rana latihan yang ada di markas tersebut.

Di waktu yang sama, Ketua Persit KCK PD IM, Ny Wiwik L.Rudy Polandi bersama pengurus daerah dan Koorcab Rem 012/TU, juga menge­cek kesiapan kantor Persit KCK Cabang Yonif 116/GS yang letaknya tidak jauh dari Markas Batalyon. (irn)

About master

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *