Yon Zipur 16/DA Diresmikan Pangdam IM

Pangdam IM Mayjen TNI Supiadin AS meresmikan Markas Yon Zipur 16/DA Kodam IM di Indrapuri, Senin 12 Mei 2008 pukul 09.00 Wib.

Selain acara peresmian markas baru juga Pangdam IM melikuidasi Denzipur 1/Dhika Anoraga menjadi Batalyon Zipur. Hal ini dikatakan Mayjen TNI Supiadin “Pengembangan Denzipur 1/Dhika Anoraga menjadi Yonzipur 16/Dhika Anoraga Kodam IM  telah melalui kajian dan evaluasi dari berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi, dikaitkan dengan tuntutan perkembangan lingkungan strategis yang bergerak sangat cepat.”

Selanjutnya Pangdam IM Menambahkan, Aspek yang mempengaruhi itu antara lain kondisi geografis wilayah Kodam Iskandar Muda yang sangat luas, memiliki lautan luas dan terbuka, dan berbatasan langsung dengan beberapa negara Asia seperti Malasyia, Thailand, Burma, India serta terdapat pulau-pulau kecil yang satu sama lain tersebar dalam jarak yang sangat jauh.

“Pertimbangan penting terhadap aspek yang mempengaruhi itu, bermuara pada gelar kekuatan yang tangguh dan handal dalam konteks pertahanan darat di daerah Aceh, salah satunya yaitu dengan pengembangan Denzipur 1/Dhika Anoraga menjadi Yonzipur 16/Dhika Anoraga  Kodam  Iskandar Muda”, ujar Pangdam IM.

Pangdam IM menguraikan bahwa Batalyon Zipur memiliki tugas pokok yang penting yaitu melaksanakan konstruksi, destruksi dan nubika pasif guna memperbesar daya gerak satuan-satuan   sendiri   dan   memperkecil    daya gerak musuh serta membantu mempertahankan kelangsungan hidup dan mempertinggi kemampuan operasi satuan Kodam IM.

 Jenderal berbintang dua ini berharap agar keberadaan Batalyon Zipur 16/Dhika Anoraga di daerah Aceh ini hendaknya bisa menjamin adanya rasa aman dan tenteram, sehingga tumbuh suasana yang rukun dan damai serta dirasakan oleh masyarakat Aceh.

Acara yang digelar di lapangan upacara Yonzipur tersebut juga dihadiri oleh Kasdam IM Brigjen TNI Hari Purnomo, Wadirziad, Irdam IM, Danrem 011/LW, Danrem 012/TU, Pa Ahli, Para Asisten dan Kabalak Kodam IM serta Bupati Aceh Besar dan Unsur Muspida Kabupten Aceh Besar.

About master

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *