logo
logo
"Selamat datang di situs Website Komando Daerah Militer Iskandar Muda"

MENJAGA NETRALITAS TNI DALAM PILKADA DI PROVINSI ACEH

JL. AHMAD YANI NO. 1 BANDA ACEH, TELEPON / FAX : (0651) 26930

Nomor : 07 ( Juli 2011 )

MENJAGA NETRALITAS TNI DALAM PILKADA DI PROVINSI ACEH

Seiring dengan perkembangan situasi dan terus bergulirnya rangkaian kegiatan dalam  menghadapi Pemilukada di Provinsi Aceh, maka pimpinan dalam hal ini, Pangdam Iskandar Muda perlu memberikan penekanan kepada seluruh prajurit dan PNS tentang netralitas dalam Pilkada..

Mengingat  pentingnya netralitas TNI dalam membangun demokrasi dan profesionalisme, maka masalah netralitas harus benar – benar dipahami, dihayati dan diimplementasikan dalam kehidupan prajurit dan PNS TNI, pada penyelenggaraan Pemilukada di beberapa daerah Kabupaten dan Kota di seluruh Wilayah Provinsi Aceh.

Pertama, pedomani buku netralitas TNI dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada.

Kedua, TNI adalah alat pertahanan negara untuk segenap bangsa Indonesia, untuk itu TNI tidak berpolitik Praktis, harus netral dan adil terhadap semua komponen Bangsa.

Ketiga, satuan /perorangan / fasilitas TNI tidak dilibatkan pada rangkaian kegiatan Pemilu dan Pilkada dalam bentuk apapun di luar tugas dan fungsi TNI.

Keempat, monitor perkembangan kegiatan Pemilukada di daerah secara terus menurus dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap kemungkinan pelanggaran anggota TNI dan adanya potensi konflik yang dapat berakibat terjadinya kerusuhan dan tindakan kekerasan diwilayah masing – masing.

Kelima, adakan koordinasi dengan instansi terkait khususnya Pemerintah Daerah dan Polri di wilayah untuk kelancaran pelaksanaan tugas serta laporkan setiap perkembangan situasi/ hal – hal yang menonjol pada kesempatan pertama.

Demikianlah Lembar Penpas ini disampaikan untuk dipahami dan dipedomani oleh seluruh Prajurit TNI dan PNS Kodam Iskandar Muda dimanapun berada.

Baca Juga:  Babinsa Koramil 07/Meurah Mulia Bantu Penbuatan Pagar Masjid