logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Gladi Posko I Korem 012, Antisipasi Segala Kemunginan Bencana di Wilayah

dsc_2505

Meulaboh  Komandan Korem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Djaka Budi Utama memberikan intruksi atau rencana operasi (RO) kepada Kasrem 012/TU Letkol Inf Puguh Suwito dan seluruh para Kasi Korem selaku unsur staf dalam pelaksanaan latihan Gladi Posko I Korem 012/TU di ruang Komando Gladi Aula Makorem setempat. Rabu (07/9).

Gladi Posko I dihadiri Bupati Aceh Barat Dr. (H.C.) H. T. Alaidinsyah, Dandim 0105/Aceh Barat, Dandim 0116/Nagan Raya, Dandim 0110/Abdya, Dandim 0107/Aceh Selatan, Dandim 0109/Singkil dan Dandim 0114/Aceh jaya, Polres Aceh Barat, para Komandan Dinas Jawatan jajaran Korem 012/TU serta Kepala Dinas Pemda.

Latihan posko 1 bersifat kewilayahan yang menjadi tanggung jawab Korem 012/TU dan kemungkinan terjadi diwilayah ini adalah bencana banjir maupun tanah longsor. Sehingga kesiapan operasi dan kemampuan tugas satuan agar mendapat hasil lebih optimal, perlu pemeliharaan dan peningkatan kemampuan para unsur pimpinan dan staf dalam melaksanakan prosedur Komando dan pengendalian serta bantuan administrasi dalam  aspek pembinaan ketahanan wilayah serta penyelesaian masalah yang berkembang diwilayahnya termasuk dalam berkordinasi dengan semua stake holder yang ada di daerah sehingga kesiapsiagaan satuan dalam pemberian bantuan kepada pemerintah daerah dapat terlaksana secara professional dan proporsional..

Untuk menjangkau keterlibatan seluruh potensi serta elemen masyarakat berikut penanggulangan terpadu dibutuhkan konsep pembangunan berbasis pada masyarakat. Pengembangan dari konsep tersebut harus dilihat dari berbagai aspek yang meliputi kajian lingkungan sampai dengan dampak yang ditimbulkan dari kejadian bencana itu sendiri. Apabila konsepnya sudah final maka akan bisa dijadikan panduan/pedoman bagi semua pihak, agar suatu saat tidak menimbulkan sikap saling lempar

Selain itu mampu menangani permasalahan kondisi sosial secara tepat, cepat dan benar dengan terpadu antara aparat keamanan, Pemerintah Daerah, Instansi terkait, Tokoh masyarakat dan mampu melaksanakan pendekatan dan pemberdayaan media guna menyampaikan pesan perdamaian serta mampu menyusun dan menyiapkan Sisrendal Binter diwilayah tanggung jawabnya, juga terlaksananya Komando kendali dan informasi secara optimal.

Baca Juga:  Kodim 0101/BS Sukseskan Kegiatan Panen Raya Padi Tingkat Provinsi di Kecamatan Montasik

Menghadapi musim hujan saat ini, para peserta gladi hendaknya selalu mewaspadai segala kemungkinan bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi, sehingga keterpaduan, kekompakan dan kerjasama yang telah terjalin pada saat gladi akan bisa diaplikasikan pada kondisi dan kejadian yang sebenarnya.