logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Berlangsung di Lapangan Neseu

4f7e6b8b-89d5-4c11-823b-2405c50a53e6

Banda Aceh – Setiap 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Mengenang hari bersejarah itu, Kodam Iskandar Muda, menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Gelaran upacara yang berlangsung hikmat itu, dipimpin langsung oleh Pangdam IM Mayjen TNI L Rudy Polandi.

Pelaksanaan upacara yang berlangsung di Lapangan Jasdam IM, Neuseu, Banda Aceh, Sabtu (01/10/2016) pagi, diikuti Kasdam IM, Irdam, LO AU, LO AL, para PA Ahli, Asisten, Kabalak serta para prajurit dan PNS segarnizun Banda Aceh.

Pangdam mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2016 ini mengangkat tema “Kerja nyata untuk kemajuan bangsa indonesia sebagai wujud pengamalan pancasila”. Tema tersebut berlatar belakang dari pemahaman tentang nilai-nilai historis dari Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 bagi seluruh warga negara Indonesia, agar mengimplementasikan nilai-nilai pancasila itu dalam kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Mengimplementasikan nilai – nilai Pancasila didalam kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita semua, untuk menjunjung tinggi dan setia kepada Pancasila, karena Pancasila itu adalah dasar negara kita,” tegas Pangdam.

7fd59637-5178-4a45-af25-d01046006195

Sambung Pangdam, sejatinya pasang surut implementasi nilai-nilai pancasila merupakan cerminan dari pasang surutnya kehendak kita untuk berjuang bersama, karena Pancasila adalah semangat kita untuk bergandengan tangan menuju cita-cita besar yang telah ditancapkan di bumi pertiwi ini.

“Semangat gotong royong yang menjadi ciri khas negara kita, bisa menyatukan semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan bagi seluruh bangsa Indonesia, untuk berjuang menuju Indonesia maju dan sejahtera, “Jayalah Pancasila selamanya,” kata Pangdam.

Baca Juga:  Danyonif Raider : Jaga NKRI Seutuhnya