logo
logo
Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jendral TNI Abdul Hafil Fuddin SH, SIP, MH, berserta seluruh jajaran Kodam Iskandar Muda, dan Persit Kartika Chandra Kirana, mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah Tahun 2018 Masehi, kepada seluruh umat muslim khususnya di Provinsi Aceh

Dosir Elektronik Hadir Menuju Modernisasi Pelayanan Administrasi Personel

01

Dosir personel merupakan himpunan data/dokumen autentik personel sebagai bukti tindakan administrasi bagi personel yang menunjukkan perkembangan selama berdinas di TNI sejak pengangkatan sampai dengan pengakhiran/purna dinas. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta komunikasi, data dosir personel dapat diolah dan disimpan untuk disajikan sebagai data dan informasi yang akurat up to date dan disampaikan dengan mudah, cepat, dan tepat, sehingga perlu dipadukan antara penyimpanan data secara manual dan elektronik dengan memanfaatkan teknologi informasi menjadi Dosir Elektronik (Dosel), untuk mewujudkan dosir yang Benar, Lengkap, Absah, Mutakhir, Teliti, Aman dan Rahasia (BLAMTAR).

02

Pembinaan Dosel di seluruh satuan jajaran Kodam IM merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab Ajendam IM, namun dalam pelaksanaan pengisian data/dokumen DoseI tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan seluruh satuan jajaran Kodam IM. Tahapan yang akan dilaksanakan guna mewujudkan Dosir Elektronik di Kodam IM melalui tahap sosialisasi di satuan jajaran Kodam IM, tahap pelaksanaan pengisian di Ajendam IM dan tahap pembekalan pengetahuan Dosel kepada para pejabat personel.

Sosialisasi yang merupakan tahap awal dari pelaksanaan Dosel ini dilaksanakan oleh Ajendam IM mulai tanggal 1 sampai dengan 8 Desember 2016. Adapun pelaksanaannya di Maajendam IM untuk satuan-satuan yang berada di Garnizun Banda Aceh, di Makorem 011/LW untuk satuan-satuan jajaran Korem 011/LW dan di Makorem 012/TU untuk satuan-satuan jajaran Korem 012/TU. Kaajendam IM Letkol Caj Zainul Arifin, S.E. selaku penanggung jawab pelaksanaan Dosel jajaran Kodam IM dalam kata sambutannya pada sosialisasi Dosel di Maaajendam IM menyampaikan pentingnya Dosel dalam membantu pelaksanaan pengacaraan personel, karena setelah Dosel terlaksana maka setiap pengacaraan personel seperti UKP, usul jabatan, usul tanda kehormatan negara, usul seleksi pendidikan dan usul pensiun tidak perlu menggunakan bahan administrasi fisik yang memboroskan materiil dan cukup merepotkan, namun cukup dengan mengirimkan usul disertai daftar nominatif karena hanmin sudah tersedia dalam bentuk Dosel.

Baca Juga:  Koptu Ilyasak, Bantu Petani Padi Warga Desa Binaannya Tanam Padi

03

Lebih lanjut Kaajendam IM mengatakan bahwa pelaksanaan Dosel ini sebagai wujud pelayanan yang maksimal insan personel di jajaran Kodam IM terhadap seluruh personel yang dilayaninya. Mengakhiri sambutannya Kaajendam IM menekankan kepada seluruh peserta sosialisasi agar menyimak dengan baik dan mempelajari dengan sungguh-sungguh apa yang disampaikan oleh pemateri, jangan sampai pelaksanaan di satuan ada yang terkendala karena akan berdampak pada perjalanan karier personel di satuan masing-masing.

Dalam pelaksanaan sosialisasi masing-masing Tim, baik di wilayah Banda Aceh, Makorem 011/LW maupun Makorem 012/TU memaparkan betapa pentingnya Dosel dalam perjalanan karier personel ke depan. Oleh karena itu dosel harus terlaksana dengan baik, karena jika tidak maka akan berdampak pada pelaksanaan pengacaraan personel menjadi terhambat. Pemberlakuan Dosel ini rencana akan dimulai pada pengacaraan UKP periode 1 Oktober 2017. Dalam sosialisasi ini juga Tim menekankan beberapa poin penting yaitu perlunya SDM yang mengawaki Dosel haruslah personel yang memiliki integritas tinggi, mampu mengoperasikan aplikasi dosel, serta dapat dipercaya pada entry data yang rawan akan penyimpangan. Selain itu juga pelaksanaan Dosel harus didukung dengan adanya software dan hardware yang memadai guna pengoperasian aplikasi tersebut.

Pada pelaksanaan sosialisasi Dosel, para peserta dibekali pengetahuan dan teknis pelaksanaan Dosel itu sendiri mulai dari tahap pemilahan dosir fisik, scanning, memasukkan hasil scan ke folder sesuai urutan kode Dosel hingga pengisian data pokok personel di dalam aplikasi tersebut. Dosir autentik yang akan diproses menjadi dosir elektronik disusun sesuai urutan 32 elemen data yang telah ditentukan.

04

Sosialisasi Dosel jajaran Kodam IM dipandu oleh Mayor Caj Paulus Totok, S.Kom sekaligus sebagai peninjau dari Ditajenad. Dalam keterangannya Peninjau menyatakan bahwa program Dosel ini sudah dilaksanakan di tiga Kodam sebagai percontohan pelaksanaan Dosel yaitu Kodam III/Slw, Kodam IV/Dip dan Kodam Jaya. Selanjutnya program Dosel ini akan diberlakukan pada seluruh Kotama dan Balakpus jajaran TNI AD yang diawali oleh Kodam IM, sebagai Kodam pertama yang akan memberlakukan Dosel setelah tiga Kodam percontohan.

Baca Juga:  Bendera Merah Putih Berkibar di Puncak Singgahmata

05

Disela-sela kegiatan sosialisasi, tim menyampaikan bahwa Ajendam IM selaku satuan Balakdam yang memiliki tugas pokok sebagai Pembina Administrasi Personel, Administrasi Umum dan Kesejahtraan Moril bertekad akan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh personel militer dan PNS Kodam IM dengan sungguh-sungguh dan tanpa mengharap imbalan dalam bentuk apapun, dengan harapan ke depan akan banyak inovasi baru guna mewujudkan pelayanan prima terhadap personel Kodam IM beserta keluarga.

06