Faktor Cuaca dan Medan Yang Berat Menjadi Tantangan Satgas TMMD

Aceh Utara – Pelaksanaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 100 Kodim 0103/Aceh Utara telah memasuki hari ke 11. Para prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) tidak surut semangat dalam mengerjakan setiap sasaran baik sasaran fisik maupun non fisik.

Dalam pelaksanaannya berbagai tantangan dialami oleh prajurit bersama masyarakat, seperti diketahui kawasan desa Alue Dua merupakan daerah hutan yang medannya cukup curam belum lagi ditambah faktor alam seperti hujan yang sewaktu waktu turun sehingga mengakibatkan sulitnya medan bagi prajurit mengerjakan sasaran fisik.

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto, Sabtu (07/10) mengatakan, meski dihadapkan dengan medan yang sulit dan curam disertai cuaca hujan yang sering mengguyur kawasan itu, tidak mempengaruhi mental dan semangat kerja prajurit dilapangan. Karena kegiatan ini harus terselesaikan sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan.

“Ada tantangan tersendiri dalam kegiatan TMMD kali ini, selain medannya yang sulit juga faktor cuaca karena seringnya turun hujan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, terhitung mulai tanggal 27 September sampai dengan 26 Oktober 2017, Kodim 0103/Aceh Utara melaksanakan kegiatan TMMD Reguler ke-100 di Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh dengan sasaran fisik yang meliputi pembukaan jalan sepanjang 4.000 meter dan lebar 6 meter, pembuatan 4 unit Box Culvert, rehab 2 unit rumah tidak layak huni, pembuatan lapangan volley dan rehab tempat wudhu.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan sasaran non fisik, yakni penyuluhan peternakan, pertanahan, perkebunan, wawasan kebangsaan (Wasbang), Narkoba, kehutanan, hukum dan sosialisasi pembuatan pupuk organik.