Babinsa Bantu Petani Semprot Rumput di Pematang Sawah

Nagan Raya, Babinsa Posramil Beutong Ateuh Banggalang, Kopda Zulfahdi penyemprotran pematang sawah di lokasi cetak sawah baru di desa Kuta Teungoh Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Jumat 02/03.

Dengan didampingi Ibu Suryani, Babinsa dari pagi terlihat melakukan penyemprotan rumput dan gulma di areal pematang sawah dilokasi cetak sawah baru, dimana saat ini sudah tertanam 13,9 Ha dari 14,33 Ha target cetak sawah baru di desa Kuta Teungoh.

“Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pemeliharaannya, mulai pengairan, pemupukan dan penyemprotan,” ujar Kopda Zulfahdi.

Menurut Zulfahdi, penyemprotan tanaman padi dan membersihkan persaingan gulma dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen kemudian hari. Untuk itu pihak Posramil terus memacu para petani untuk melakukan pemeliharaan tanaman padi yang sudah berumur 3 minggu ini.

“Penyemprotan berfungsi mengantisipasi penyakit Blas, hama ulat pengulung daun maupun wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi dengan demikian pertumbuhan padi bagus dan terbebas dari hama yang menyerang dan diharapkan dapat mencapai hasil panen yang memuaskan” pungkas Zulfahdi